Ads

Univeritas Siluman Berdasi







Perguruan tinggi swasta merupakan perguruan yang berbeda dengan negeri, salah satunya ialah Universitas Islam Jember (UIJ). Kabarnya, kampus tersebut, dibawah naungan Yayasan Pendidikan Nahdlatul Ulama (YPNU) Jember.
Berbicara soal kampus swasta, sama halnya kita berbicara tentang cinta. Kata orang sih,apabila kita menyelami lautan cinta maka sampai kapanpun tidak akan ada ujungnya.  Maka dari itu, penulis menyamakan kampus swasta, sebab terdapat sisi yang sangat rumit didalamnya.
Salah satunya ialah mengenai perkembangan kampus, Mulai dari sarana prasarana, kemajuan kampus, pelayanan dan sebagainya. Menurut hemat penulis, kampus swasta biasanya harus melewati yang namanya yayasan sebagai otak untuk menjalankan semua yang ada dibawahnya.
Dari pengamatan penulis, sejauh ini ,pihak yayasan  kinerjanya masih  tidak tampak, lebih tepatnya impoten. Sebab, Penulis mulai dahulu sering mempertanyakan kontribusi yayasan untuk perkembangan UIJ  sekarang, bahkan sempat beranggapan tidak berperan.
Ironisnya lagi, rupanya beberapa karyawan dan para mahasiswa juga memiliki anggapan yang sama, bahkan mengeluhkan terkait peran yayasan terhadap kampus UIJ tercinta ini. Sehingga, penulis tambah mepertanyakan , tugas yayasan itu ngapain? , Apakah hanya numpang  nama? ,Atau ada kepentingan tertentu?.  
Sebab, yang namanya yayasan merupakan otak dari sebuah lembaga, dan dapat memberikan gairah bagi para bawahannya. Sehingga estafet tugas pegawai dapat berjalan dengan baik, Jika sekelas yayasan kontribusinya tidak nampak , ya bisa dibilang  Universitas Siluman Berdasi (USB) yang kerja nyatanya tidak nampak tapi ada namanya.
Oleh karena itu, penulis ingin pihak yayasan juga ikut andil dalam memajukan UIJ. Karena, apabila otaknya sudah lumpuh maka seluruh bawahannya akan terganggu. Sehingga, UIJ tidak dipimpin oleh para siluman berdasi, tetapi manusia yang berinovasi, dengan begitu kampus tercinta ini akan lebih dikenal masyarakat luas.[] 


Oleh: Ahmad Shiddiq
Penulis adalah Mahasiswa UIJ  Prodi Menejemen Bisnis Syariah Semester 3
Anggota tetap LPM Mitra
 

7 komentar:

  1. Astaga tulisan apa lah ini kok gak jelas bikin pusing gak ada data cuma mampang muka...

    BalasHapus
  2. Sumbernya tolong diperkuat, jgn terlalu opini sepihak. Munculkan kutipan dari orang yg anda wawancara sebagai pendukung opini.

    BalasHapus
  3. hati-hati kalau menulis, sumber dari opini ini tidak jelas. Pihak UIJ bisa menindaklanuti hal ini.

    BalasHapus
  4. Justru sebaliknya, UIJ bisa beeroperasi karena ada yayasan. Bukan yayasan yg numpang nama. Orang2 yg bekerja untuk UIJ artinya mereka bekerja untuk yayasan. Yayasan ini lah badan ini lah badan hukumnya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.