Ads

Tips Bertamu ke Rumah Orang yang Tidak Kita Kenal


Oleh: Beby Alfin Naby
Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran memang merupakan salah satu momen/peristiwa yang dinanti-nantikan oleh banyak orang, baik yg merayakannya ataupun yang tidak demi ikut serta dalam kegembiraan Hari Kemenangan.
Yang menjadi ciri khas pada Hari Raya Idul Fitri adalah silahturahmi dan  kita saling bermaaf-maafan atas segala kesalahan di masa lalu. Terkadang kita diajak bersilaturahmi kerumah saudara jauh atau orang yang tidak kita kenal. Lalu bagaimana cara kita menyesuaikan diri? Simak tips dibawah ini.

1.      Pakailah pakaian terbaikmu
Pakaian tidak harus baru, cukup yang bersih, rapi, wangi dan membuat orang yang melihat kita senang dengan apa yang kita pakai.
2.      Ucapkanlah salam
Saat mengucapkan salam, ucapkan dengan suar yang tidak terlalu pelan juga tidak lantang, sewajarnya saja agar tidak mengganggu orang lain.
3.      Bermaafan dengan orang yang ditemui
Ketika mengucapkan maaf, gunakan bahasa yang sama-sama dipahami atau umum digunakan. Jangan sampai apa yang kita ucapkan membingungkan orang yang mendengar nya. Ucapkan sesimpel mungkin dan tidak perlu bertele-tele.
4.      Duduk
Duduklah bila dipersilahkan, jangan langsung masuk begitu saja lalu duduk seenaknya.Duduk dengan sopan dan jangan terlalu tegang.
5.      Berbincang
Saat berbincang mungkin kita akan menjadi orang ketiga diantara orang tua kita dan tuan rumah. Namun kita juga bisa memulai percakapan dengan tuan rumah. Carilah topik yang umum di bicarakan. Misal anak dari tuan rumah atau saudara yang belum datang. Saat berbincang ingatlah untuk meletakkan HP, jangan sampai menganggu pembicaraan.
6.      Menyantap hidangan yang telah disediakan
Setiap rumah biasanya menyiapkan berbagai macam kue kering yang dihidangkan diatas meja. Dan tak lupa menyuguhkan minunan dingin atau hangat.Untuk rumah yang menyediakan makanan berat sebagai suguhannya, kita sebagai tamu tidak baik bila menolak tawaran tersebut. Jangan makan terlalu banyak walaupun ingin lagi, karena biasanya dalam sehari tidak hanya satu rumah yang kita kunjungi. Makan secukupnya saja. Begitu pula dengan kue keringnya, jangan sampai dipangku apalagi dihabiskan.
7.      Berpamitan
Pamitlah secara perlahan dan tidak tiba-tiba langsung pulang. Bila ditahan untuk tidak pergi, gunakan alasan sewajarnya dan meyakinkan. Misal “masih banyak rumah yang perlu dikunjungi “.

Semoga bermanfaat kawan-kawan

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.