Ads

Tahun Ini Buka Pasca, Yakin?


 Sumber : graphicriver.net

 Oleh: Ahmad Shiddiq

 

 

Setiap lembaga pendidikan di semua tempat mempunyai harapan yang sesuai dengan visi misinya. Seperti, ingin mencapai Go national ataupun Go Internatioanal. Karena semua itu adalah hal lumrah.

Akan tetapi, hal itu juga harus disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan yang dimiliki, sehingga keinginan tersebut bisa terwujud secara nyata. Oke tanpa terbelit-belit nih, penulis akan membahas tentang pembukaan pasca sarjana di Universitas Islam Jember (UIJ).

Jika kita tinjau lebih jauh, keinginan tersebut terkesan luar biasa. Karena mengharapkan kampus ini berkembang dan melebarkan sayapnya. Akan tetapi, hal itu seperti gila atau diluar nalar. Bahkan seperti kata pepatah, bagaikan ikan yang ingin terbang tapi tidak memiliki sayap.

Mungkin pepatah itu yang bisa mewakili keinginan pejabat kampus kita. Lantaran kalau boleh jujur kondisi UIJ saat ini sarana prasarana tidak memadai, bahkan sumber daya Manusianya apalagi. Tidak perlu penulis jabarkan lah, malah akan memboroskan kata saja ha.ha..

Saya yakin pembaca juga sudah paham. Bahwasanya kualitas tenaga pendidik di UIJ saat ini. Seleksinya pun tidak begitu ketat. Mungkin melalui jalur atau menjadi anggota Ansor NU, bisa diterima jadi pegawai.

Pertanyaannya, Bagaimana UIJ akan membuka pascasarjana kalau kondisinya seperti ini?. Tentunya hal itu terkesan mustahil terjadi. Hanya Tuhan yang bisa melakukan seperti itu.

Seharusnya UIJ ini sebelum melakukan langkah gila tersebut . Perhatikan kemampuan yang dimiliki sekarang. Ok, tidak jadi masalah membuka pasca sarjana. Namun harus di imbangi dengan sarana prasarana, pengembangan SDM, bahkan pengadaaan kelas perkuliahan. Ingat barakah Kyai saja tidak cukup he..he..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.