Ads

Liburan Tanpa Beban dan Kotoran


Oleh : Beby Alfin Naby
*Penulis saat ini masih duduk di semester I  prodi Agribisbis dan merupakan anggota aktif LPM Mitra
Liburan merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh semua kalangan. Terutama saya sebagai mahasiswa yg disibukkan dengan kegiatan dan tugas kuliah. Liburan yang diinginkan tentunya selain menyenangkan juga bermanfaat.
Kemarin tanggal 15-17 Februari 2019, LPM Mitra mengadakan kelas fotografi yang dilaksanakan di dua tempat. Hari pertama dilaksanakan di Aula Ulum AA Universitas Islam Jember untuk menerima materi. Pada hari kedua dan selanjutnya dilaksanakan di RPH Situbondo untuk praktek sekaligus happy camp.
Sayangnya saya sedikit kecewa dengan pemilihan tempat untuk happy camp, karena tidak jadi di Ranu Pani. Tetapi saya sangat memaklumi karena jarak tempuh yang cukup jauh dan medan yang dilalui dapat dikatakan berbahaya. Kekecewaan saya dipatahkan oleh lokasi yang telah dipilih. Bermalam di kelilingi pohon yang asri serta kera yang melompat kesana kemari, walaupun  lokasinya bersebelahan dengan jalan raya dan tidak terlihatnya lautan.
Saya sempat bertanya kepada pengunjung tentang tanggapan beliau mengenai tempat wisata pasir putih. Dan responnya pun sangat senang. Tempat yang bersih, pemandangan yang indah serta pelayanan yang ramah sebanding dengan harga yang ditawarkan.
Sementara itu di tenda tempat saya bermalam, kawan-kawan kurang memperhatikan kebersihan. Sampah yang ditumpuk berserakan mengundang kera untuk menghapiri. Di kamar mandi pun demikian, sempat dihimbau jangan sampai membuang sampah di kamar mandi, tetapi tidak ada yg menghiraukan. Seharusnya kita sebagai mahasiswa sadar betul akan kebersihan yang harus kita jaga. Di sana bukan wilayah kita, di sana kita sebagai tamu yang seharusnya berperilaku sebaik mungkin. Walaupun pada akhirnya, kami mebersihkan kembali sampah sampag yang kami buang ke tempat semestinya. Mudah-mudahan saja saat kami meninggalkan tempat tersebut tidak merugikan pengelola di RPH.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.