Ads

Graduation




Oleh: Nova Wardhani
Pada tanggal 02 -05- 2019 Universitas Islam Jember melaksanakan wisuda ke XXII di Gedung New Sari Utama. Sebanyak  227 mahasiswa tentu sangat berbahagia, karena ini adalah momen yang sangat ditunggu oleh para wisudawan. Sebelum kita lebih jauh membahas tentang pelaksanaan wisuda atau Graduation  yang dilaksanakan UIJ.
Menurut wikipedia, Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Biasanya prosesi wisuda diawali dengan prosesi masuknya rektor dan para pembantu rektor dengan dekan-dekannya guna mewisuda para calon wisudawan. (Wikipedia .com) 
Nah! sebenarnya acara wisuda di UIJ tidak ada perbedaan yang mencolok dengan yang  lain. Namun ada hal yang mencerminkan budaya Ahlusunah Wal Jama’ah seperti solawat yang dibawakan oleh orkema Gaswat (Gema Solawat), hal ini memperkuat rasa cinta kepada Rosululah SAW. Sebagai suri tauladhan, Para pendidik dan para petinggi UIJ mengharapkan bahwa para wisudawan wisudawati agar bisa mengamalkan segala ilmu yang diperoleh setelah menempuh pendidikan kurang lebih 4 tahun dan juga mengamalkan nilai – nilai islam. Hal ini sebagai mana sifat Rosulullah, yakni Amanah.
Di pelaksanaan wisuda kali ini, UIJ juga ada moment yang sontak membuat ratusan pasang mata berlinang air mata. Semua karena ada salah satu dari wisudawan yang termasuk dalam katagori yang kurang mampu akan tetapi bisa menyelesaikan pendidikan S-1. Mahasiswa lulusan jurusan pendidikan matematika ini sadar bahwa Pendidikan merupakan hak dasar setiap manusia. Sesuai dengan yang diamanatkan oleh UUD 1945 bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan. Jadi, akses pendidikan sebagai manusia yang secara kodrat meningkatkan taraf kehidupannya, maka wisuda merupakan awal dari pengaplikasiaan dari proses pembelajaran.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.