Ads

UPT Bahasa UIJ bersama HMPS Forest Kenalkan Kampus Melalui Lomba Pidato Tingkat SMA

Semangat : Salah satu peserta lomba memaksimalkan kemampuannya.
Fotografer : Imam Nawawi

Mitra_ Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bahasa Universitas Islam jember (UIJ) Himpinan Mahasiswa prodi Study (HMPS) Forest Promosikan Kampus Melalui Lomba pidato Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat. Lomba tersebut bernama The Second Annual UIJ Englis Speech Competition dengan tema “Teenagers & Global Society”. Kegiatan tersebut berlangsung, Sabtu (29/2) di Aula Miftahul Ulum UIJ Kampus 1.
Ketua Panitia Kegiatan Dinda Faismaul Rofiati mengungkapkan bahwa Kegiatan tersebut merupakan agenda UPT Bahasa UIJ. Kemudian kata dia, mengajak kerjasama dengan HMP Fores untuk menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa inggris Tingkat SMA. “Jadi UPT Bahasa itu memberi kepercayaan kepada Fores untuk menyelenggarakan acara ini, dan akan dijadikan agenda tahunan,” ungkapnya.
Selanjutnya, Dinda menuturkan bahwa, area sekolah yang dituju semakin melebar dibanding tahun lalu. Menurutnya, lomba pidato kali ini, pesertanya hingga ada yang dari Madura.”Kalau tahun lalu Insyaalloh Cuma Se- Besuki Raya,“ tuturnya.
Menurut Dinda total peserta Lomba kali ini mencapai 57 orang . kata dia, mereka semua dari 25 sekolah . sehingga, lanjutnya, setiap lembaga tersebut , jumlah siswa yang didaftarkan juga bervariasi.” Ada yang satu sekolah mendelegasikan empat, ada yang enam, itu enam terbanyak,”ujarnya.
 Kepala UPT Bahasa UIJ imam Ghozali menambahkan bahwa, kegiatan tersebut telah dilakukan kedua kalinya, dengan tujuan mencari bakat siswa tingkanan Madrasah Aliyah (MA) Sederjat yang mahir berbicara bahasa Inggris. Selain itu, kata dia, juga meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi agar lebih maksimal.”Dengan moment seperi ini,mereka bisa untuk mencari Sponsor, bisa untuk kerja sama keluar. Sehingga ketika lulus dari sini mereka sudah punya bekal,” jelasnya.
 Menurut Imam yang paling utama dalam kegiatan tersebut adalah untuk mempromosikan UIJ. Sebab kata dia, mereka para orang tua kenal dengan kampus ini.”Mereka mengirim delegasinya, mereka ke kampus sini, mereka mengerti kondisi UIJ, Bagaimana, dari situlah program ini kami adakan setiap tahun” tambahnya.
 Namun, kata Imam terkait kegiatan tersebut, UPT Bahasa hanya mendukun dari segi pendanaan. Menurutnya, bantuan tersebut diambilkan melalui sisa anggaran Tes Of English Federation Lenguage (Toefl). “Sisanya atau Savingnya kita gunakan kembali pada kegiatan mahasiswa, salah satunya ya English Speech Competition,” tuturnya.
 Menanggapi hal tersebut, salah seorang peserta dari MA Negri Cendikia Pasuruan bernama Punta Dewa mengaku sangat lega dengan acara tersebut. Sebab kata dia, para juri yang menilai terlihat sangat ramah. Sehingga, lanjutnya, dapat lebih percaya diri saat tampil.”Gugupnya berkurang,” tanggapnya.
 Menurut Dewa, selama ini baru purtama ikut lomba pidato berbahasa inggris. Sehingga, kata dia, dengan acra tersebut dapat memberikan pengalaman baru.”Dan untuk meningkatkan kemampuan ngomong berbahasa inggris,”tandasnya.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.