Ads

Gedung UKM Bagai Hutan Belantara


Oleh: Fathur Rozi Prodi Matematika semester I
Fotografer: Wahyu Frastiyo


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah tempat kedua untuk mahasiswa mencari ilmu selain di kelas. Walaupun bidang UKM yang diikutinya tidak sesuai dengan bidang prodinya, tapi hal tersebut sangat penting bagi mereka. Sebab di tempat tersebut,dapat membentuk karakter, mempelajari hal lain pula.
Setiap UKM pasti memiliki sebuah sekret untuk ditempati belajar bagi anggotanya, dengan harapan mereka nantinya dapat meneruskan estafet kepengurusan. Sehinnga visi dan misi organisasi tersebut dapat tercapai.
Selain itu, selama dalam proses pengkaderan anggota, sangat diperlukan sebuah tempat yang aman dan nyaman. Sebab hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pembelajaran, serta keamanan mereka. Sehingga kondisi ruangan yang kurang baik akan membuat mereka tidak betah, dan tidak mampu menikmati proses.
Namun apa daya tempat yang nyaman dan leluasa,  tidak bisa di dapatkan didalamnya. Seperti di Sekret UKM UIJ, banyak atap yang bocor, ruangannya sempit, bahkan tumbuhan liar pun juga masuk melalui fentilasi udara. Sehingga terkesan seperti hutan belantara,.
Padahal ketua dan para pengurus UKM tersebut, telah membuat surat pengajuan agar sekret segera diperbaiki, bahkan sampai dua kali. Namun Kepala bagian (kabag) belum memberikan kepastian, dengan alasan, masih harus mengkonsultasikan dengan kepada kabag keuangan,  untuk memastikan anggaran dananya cukup atau tidak.
Namun, setelah ditelusuri kabag keuangan belum tau atas kerusakan sekret UKM. Lantaran belum menerima laporan untuk perbaikan. Sehingga hal tersebut terkesan membingungkan..
Siap sebenarnya yang bertanggungjawab terkait perbaikan sekret tersebut, apakah semua pengurus UKM kah.., Kabag Perlengkapan kah.., atau Kabag Keuangan?. Sebab insiden kerusakan, dan kebocoran sekret sebuah Organisasi Mahasiswa (Orkema), tentunya sangat mengganggu belajar para anggota.
Penulis berharap supaya Kabag Perlengkapan dan Kabag Keuangan atau pihak yang berwenang lainnya untuk seger memperbaiki bagian sekret yang telah rusak. Sebelum ada korban jiwa, atau tanaman-tanaman yang masuk didalam sekret menjadi besar, rindang dan jadi sarang ular.
Sehingga sekret UKM tidak terkesan seperti hutan belantara, dan paraanggota dapat belajar dengan baik, dan mampu membawa perubahan terhadap UIJ. Sebab saat ini UKM Squot Olahraga (Squor)  melalui cabang olahraga silat mengikuti kejuaraan internasional, hanya demi Almamater kampus ini bisa terkenal.[]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.