Ads

Santri itu Keren

 

Sumber: instagram/ppalanwarbolan
Oleh: Zaenab

Santri adalah orang yang mendalami ilmu agama dan ilmu umum di pesantren. Mereka adalah murid dari para Kiai yang dididik dengan penuh kesabaran dan keikhlasan agar mereka bisa menjadi mukmin yang kuat. Seperti yang di katakan oleh Kiai Farid Najmuddin, santri adalah wujud mukmin yang hakiki sekaligus anak negeri yang sejati.

Santri juga kelompok yang mencintai negaranya, menghormati gurunya, mendoakan guru, dan juga kedua orangtuanya. Banyak orang yang mengatakan bahwa santri tidak pernah sama sekali ikut berjuang demi kemerdekaan Negara Indonesia. Tetapi sejarah mencatat bahwa Indonesia merdeka tidak lepas dari perjuangan santri.

Berbicara tentang santri, banyak dinamika kehidupan yang inspiratif menyelimuti langkahnya, salah satunya adalah mengabdi untuk Kiai. Tentu sudah terbayang bukan? berapa lamanya mengabdi kepada Kiai, namun waktu tidaklah jadi penghalang bagi santri mereka hanya mengharapkan barokah dari para Kiai, dan mereka pun rela mengabdikan diri mereka seumur hidup. Hal ini tidak mungkin dilakukan oleh semua orang terkecuali orang yang bertitel santri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.