Ads

Jadwal Kuliah yang Tidak Menentu

 

Sumber : freepik.com

Oleh : Siti Eva Nurmufida


Dimasa pandemi ini hampir seluruh pendidikan  melakukan pembelajaran  online atau yang biasa kita kenal dengan istilah daring(dalam jaringan),dengan menggunakan platform seperti via wa, elearning, dan lain lain . Metode seperti ini hampir diterapkan diseluruh jenjang pendidikan, salah satunya dijenjang perguruan tinggi, tidak terkecuali di Universitas Islam Jember (UIJ).

Perkuliahan online ini membawa beberapa dampak, baik positif maupun negatif. salah satu dampak negatifnya yaitu, kurang mengenal dosen dan teman, tidak mengerti pelajaran yang dipelajari, dan jadwal kuliah yang tidak menentu. Hal yang demikian meresahkan para mahasiswa. Beberapa hal yang meresahkan mahasiswa diantaranya adalah adanya jadwal kuliah yang sering kali dirubah secara mendadak, sehingga beberapa mahasiswa yang tempat tinggalnya sulit menjangkau sinyal sudah pasti akan kesulitan dalam mengikuti mata kuliah secara daring. Dampak negatif lain diantaranya waktu kuliah bentur dengan matakuliah yang lain, tidak bisa kondusif mengikuti perkuliahan yang sedang berlangsung.

Selain menimbulkan dampak negatif ada beberapa dampak positif yang dirasakan oleh mahasiswa diantaranya yaitu, tidak terpapar covid 19. Namun demikian kuliah seperti ini tidak bisa diterapkan terus menerus, karena akan mengakibatkan mahasiswa tidak saling bersosialisasi. Mengingat Universitas Islam Jember sendiri belum pernah melakukan kuliah daring sebelumnya dan baru pada tahun ajaran sekarang. Sehingga masih banyak ketimpangan didalamnya.


1 komentar:

  1. Pada paragraf kedua kalimat keempat, seharusnya 'diubah', bukan 'dirubah' 🙏

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.