Ads

IMAGARA Adakan Pelatihan Tulis Ilmiah, Dekan Fisip: Berguna untuk Pengembangan Pemikiran Mahasiswa yang Ilmiah

 

Sambutan: Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Nur Wahdatul Chilmy pada acara pelatihan menulis karya ilmiah di Aula Miftahul Ulum UIJ, Kamis (15/6).

Fotografer: Khotibul Umam



UIJ, lpmmitra.id - Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ikatan Mahasiswa Ilmu Admisnistrasi Negara (IMAGARA) Universitas Islam Jember (UIJ), mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiah. Kegiatan tersebut sangat berguna untuk  pengembangan pemikiran mahasiswa yang ilmiah. Hal ini, dikatakan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik (Fisip) Nur Wahdatul Chilmy.

 

Pelatihan itu, lanjut dia, sebagai bekal mahasiswa saat menginjak semester delapan, yaitu menulis karya ilmiah. "Mau atau tidak mau, siap atau tidak siap menginjak semester delapan ya nulis skripsi," ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara pelatihan di Aula Miftahul Ulum UIJ, Kamis (15/6).

 

Senada dengan itu, Ketua Program Studi (Kaprodi) Administrasi Negara (AN), Teguh Karya Pamungkas mengatakan, mahasiswa sangat membutuhkan pelatihan seperti ini, karena mengajarkan bagaimana cara menulis karya ilmiah dengan baik. "Disini akan diajarkan bagaimana cara menulis mulai dari judul, latar belakang, abstrak, metode penelitian dan lain sebagainya," terangnya saat diwawancara seusai acara pelatihan.

 

Kaprodi AN itu menghimbau kepada mahasiswa yang mengikuti pelatihan agar sungguh-sungguh dalam menerima semua materi. "Kalau kalian tidak berusaha dan belajar hari ini, di semester delapan kalian akan kesulitan pada saat mengerjakan skripsi atau karya tulis ilmiah," tegasnya.

 

Selain itu, Teguh sapaan akrabnya mengharapkan, adanya pelatihan tersebut bisa mengurangi kebiasaan mahasiswa melakukan Copy Paste (Copas) setiap tugas yang diberikan. Dia juga menegaskan, jika memang ada tugas yang diberikan oleh dosen, diharapkan mahasiswa mengerjakan dengan kemampuan dan usahanya sendiri.

 

"Saya berharap apapun yang kamu kerjakan, bisa nggak bisa, kerjakan. Kalau butuh buku ke perpustakaan atau butuh E-Book silahkan buka google nya, jangan mengandalkan temannya dan tugas temannya di Copas," pungkasnya.



Pewarta: Kholid Suyanto

Editor: Tria Febriani


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.