Ads

Puluhan UMKM Milik Mahasiswa UIJ Ramaikan Kuliah Wirausaha Muda bersama Kemenpora

POTRET: Salah satu UMKM milik mahasiswa UIJ pamerkan produknya didepan Aula Miftahul Ulum saat kuliah wirausaha muda bersama Menpora, Rabu (7/6) Fotografer: Khotibul Umam

UIJ, lpmmitra.id - Puluhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) milik Mahasiswa Universitas Islam Jember (UIJ) ramaikan acara yang bertajuk kuliah wirausaha muda bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Terpampang berbagai produk hasil kreativitas mahasiswa ini memberitahu banyaknya minat dalam dunia bisnis. Peningkatan ini sebagai potensi besar menuju mahasiswa yang  kreatif dan inovatif dibidang wirausaha terutama pada perguruan tinggi swasta milik Nahdlatul Ulama ini.

Selain itu, dalam pengembangannya kampus ini melakukan terobosan dengan melibatkan berbagai pihak salah satunya pegadaian. Sebab, untuk melakukan pengembangan dibidang kewirausaan ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Adanya berbagai pihak tersebut menjadi pendorong dalam pengembangan minat untuk berwirausaha. 

Wakil Rektor (Warek) II Nanang Tribudiman mengatakan pihaknya akan membangun tempat khusus untuk pelaku usaha, terutama mahasiswa. "Tentu ini akan kami wadahi dengan pembangunan tempat khusus mahasiswa sebagai pelaku usaha. Dibelakang kantin itu akan kami alokasikan dan kami bangun. Namun, mahasiswa juga harus bisa mengimbangi dengan perkuliahannya yang dia tempuh sembari menjalankan usahanya," ujarnya saat diwawancarai, Rabu (7/6).

Hal tersebut menjadi perhatian khusus, sebab dia tidak menginginkan mahasiswa hanya sekedar lulus, namun juga bisa memulai dan mengembangkan usahanya sebagai bekal saat menjadi lulusan UIJ. 

Asisten Deputi Kemenpora, Hendro Wicaksono Indonesia saat ini membutuhkan seorang pencipta kerja, dengan adanya kuliah kewirausahaan di UIJ bisa menumbuhkan minat mahasiswa sebagai wirausaha. “Kami yakin di UIJ ini akan banyak wiramuda-wiramuda mulai dari penumbuhan minat kemudian menjadi startup hingga champion," imbuhnya. 

Melalui Rektorat UIJ, dia berharap, UIJ bisa memberikan pembinaan kepada mahasiswa dengan menyaring beberapa mahasiswa yang memiliki keinginan lebih untuk memajukan usahanya. "Melalui Pak warek untuk terus membina  mahasiswa, bukan semua mahasiswa diperhatikan tapi yang mau mau saja untuk berwirausaha," pungkasnya. 


Pewarta: Indra Yufi

Editor: Tria Febriani

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.