Ads

Keluarnya Calon Dekan FAI Karena Tidak Berpasangan


Mitra_Keluarnya salah satu Calon Dekan FAI dari forum pemilihan dekan, Senin (26/2) kemarin disebabkan oleh persyaratan yang tidak terpenuhi. Berikut disampaikan oleh ketua Panitia Pemilihan, Sofyan Tsauri Minggu kemarin (4/3).
            Abdul Latief  Najmudin, calon dekan yang keluar saat itu menyatakan bahwa di form pendaftaran tidak ada pernyataan bahwa calon harus berpasangan dengan wakilnya. Namun ketika dirinya berada di forum calon dekan harus bersama pasangannya. Ia menambahkan kalau memang peraturannya seperti itu harusnya tercantum di banner pengumuman.
            “Pendaftaran antara dekan dan wakil berpisah. Seharusnya form pendaftaran satu form, kayak di Pilkada,” ujarnya.
            Dirinya menyampaikan walaupun berada di dalam forum percuma karena dianggap cacat hukum. Bahkan Abdul Latief beranggapan bahwa pemilihan tersebut merupakan permainan politik, sehingga siapa yang menang sudah diketahui. Ia juga menganggap ada kejanggalan karena ada individu yang mencalonkan sebagai dekan, wakil dekan, dan wakil rektor.
            Dalam hal ini, ketua panitia menanggapi bahwa sebenarnya Abdul Latief mengetahui tentang persyaratan pencalonan. Hal ini dibuktikan bahwa Abdul Latief sudah menghubungi dua dosen sebagai pasangannya.
            “Sebelumnya sudah disosialisasikan, sudah dikumpulkan semua para calon dekan dan wakilnya. Kalaupun tidak ada sosialisasi, masa calon yang lain sudah berpasangan,” ungkapnya.
Kepala YPNU Jember, Abdullah Syamsul A menyampaikan bahwa pemilihan dekan itu sistem model paket.Proses pemilihan ini yang melaksanakan panitia berdasarkan peraturan YPNU yang berlandaskan statuta. Statuta yang dirumuskan dan ditetapkan kemudian diajukan ke Kemenristek Dikti.
“Di statuta semuanya sudah diatur tentang syarat menjadi rektor, wakil rektor, dekan dan wakil dekan serta mekanisme pemilihannya. Dan statuta kita sudah diperbaharui statuta pada tahun 2017,” sampainya kepada wartawan Mitra.(M/Sugeng)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.