Ads

Uang UKM Lenyap, Kemanakah?

Oleh: Sugeng Hadi Wijaya
Dua tahun yang lalu, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) RI (Republik Indonesia), Imam Nahrowi berkunjung ke UIJ (Universitas Islam Jember). Kedatangannya untuk mengisi sebuah seminar kebangsaan. Namun yang akan menjadi topik kali ini bukanlah seminarnya.
            Disela-sela kunjugan Menpora, ternyata bukan hanya mengisi seminar. Ada yang perlu diketahui bersama. Imam Nahrowi memberikan hibah terhadap Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) sebesar Rp.40.000.000. Dana tersebut khusus untuk kegiatan UKM di UIJ sebagaimana dilansir dari Buletin Mitra Edisi Enam dan Tujuh. Selain dana untuk UKM, Kegiatan keagamaan di UIJ juga didanai sebesar Rp.25.000.000. Kegiatan kewirausahaan tidak luput pula, didanai sebesar Rp.30.000.000.
            Lebih spesifik lagi, yang kita bahas adalah hibah untuk UKM-nya. Menurut berita yang dibaca oleh penulis, bahwa realisasi dana tersebut masih menyisakan dana yang cukup besar. staff kemahasiswaan waktu itu, Achmad Ilyasi mengatakan bahwa masih tersisa dana sebesar Rp.27.000.000. Namun sampai saat ini, sampai dirinya naik menjadi pelaksana tugas kemahasiswaan, sisa dana tersebut belum terealisasi.
            Pernah waktu itu, penulis masih menjadi Pemimpin Umum di LPM Mitra menanyakan akan sisa dana tersebut. Namun dia menjawab dengan “sudahlah yang itu jangan diungkit-ungkit lagi”. Ada yang aneh, bahkan mengandung banyak pertanyaan. Kemanakah sebenarnya sisa dana tersebut? Tidak ada kejelasan dan penjelasan yang disampaikan.
            Belum lagi, realisasi yang dulu tidak sesuai. Karena tiap UKM hanya mendapat dana Rp.750.000 per unitnya. Bukankah dana tersebut untuk UKM. Pemerataan boleh dilakukan, akan tetapi seharusnya UKM diprioritaskan, karena mereka yang berhak menerima.
            Seharusnya, PLT  Kemahasiswaan dan Alumni bertanggung jawab akan hal ini. Mereka harus transparan. Kemana sebenarnya sisa dana itu? Dialokasikan terhadap yang lain kah? Atau dimakan sendirikah? Dikorupsikah? Atau seperti apa? Harus dijelaskan secara terperinci dan jelas terhadap aktivis UKM.[]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.