Ads

Tumbuhkan Kesadaran Bahaya KS, BEM Fisip Adakan Seminar PPKS


 

SAMBUTAN: Ketua BEM FISIP pada acara seminar satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Fotografer: Rio Ferdinan

UIJ, lpmmitramid- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Islam Jember (UIJ) mengadakan acara kongres kepengurusan yang di konsep dengan seminar Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Adanya seminar itu diharapkan, mahasiswa paham, bahwa kampus merupakan tempat untuk mengasah kemampuan inteletual, bukan tempat untuk berpacaran, atau hal yang memicu terjadinya kekerasan seksual (KS). Hal tersebut disampaikan oleh BEM Fisip UIJ, Ismail Ansori.

Seminar itu, lanjut dia, berisi tentang perundang-undangan serta peraturan agama yang mengikat mengenai pacaran secara berlebihan. Sebab saat ini, mayoritas remaja banyak yang lalai terhadap aturan yang ada. Sehingga menimbulkan pelecehan maupun kekerasan seksual. "Walaupun di UIJ belum terjadi pelecehan seksual, lebih baik kita bisa mencegah daripada mengobati melalui adanya kegiatan ini,” ucapnya saat diwawancarai di Aula Miftahul Ulum UIJ, Kemarin (18/12).

Dalam penjelasannnya, dirinya tidak melarang mahasiswa untuk berpacaran, sebab itu hak pribadi setiap individu. Namun, menjadi sebuah kegiatan yang positif jika, mahasiswa bisa lebih produktif, inovatif baik pada perkuliahan maupun berorganisasi. ”Daripada hannya melakukan pergaulan bebas saja,” imbuhnya.

BEM Fisip mengharapkan, seusai seminar tersebut berlangsung, pihaknya bisa membantu mahasiswa untuk bisa lebih sadar, bahwa pelecehan seksual sangat berbahaya, baik pada korban maupun pelaku. Tidak hanya itu, jika terjadi sesuatu pada mahasiswa, pihaknya tidak akan tinggal diam. ”Seperti pelecehan ataupun kekerasan seksual yang mungkin dialami mahasiswa," pungkasnya.

Pewarta: Yosi Nur Fadillah Istiqomah

Editor: Tria Febriani

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.