Ads

Cetak Sejarah Baru, LPM Mitra Adakan PJTL

FOKUS: Para peserta Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut  fokus memperhatikan materi yang disampaikan Muhammad Muslim dalam forum. Pelatihan di Aula Ulum AA UIJ pada Hari Sabtu (6/4/2019)

Mitra_ Departemen PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Mitra UIJ (Universitas Islam Jember ) mengadakan PJTL (Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut), Sabtu (6/4). Kegiatan ini berlangsung di Aula Ulum AA UIJ yang diikuti oleh beberapa anggota Mitra dan peserta dari LPM se-Jember.
Agenda ini merupakan  proker (program kerja) dari Departemen PSDM, sebagaimana untuk menindak lanjuti dari pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD). “Sebenarnya agenda ini adalah prokernya departemen PSDM yang mana tindak lanjut bagi kader yang telah mengikuti PJTD,  tentunya untuk menambah wawasan dan menggali potensi  kader Mitra, apalagi mengingat pentingnya kita harus beradaptasi untuk menyambut revolus i Industri 5.0”  jelas As’ad, Pimpinan Umum LPM Mitra,Sabtu (6/4).
Pelatihan ini diisi dengan tiga materi yakni Materi Jurnalis Investigasi yang dibawakan oleh Mahrus Solih yang merupakan redaktur online Radar Jember. Selanjtnya Materi Analisis Wacana Media oleh Muhammad Muslim,  Wartawan Surabaya Post (2004-2008) dan sekarang  menduduki kepala penyelenggara syariah  Kementrian  Agama Jember. Terakhir diisi dengan Materi Features oleh Sodiq syarief  yang  merupakan wakil rektor III Universitas Islam Jember sekaligus Direktur Radar Jember.
Mahrus Sholih,  sebagai pemateri jurnalis investigasi  mengatakan seharusnya kegiatan PJTL ini ada materi  rubrikasi, karena sangat diperlukan untuk membekali para kader  LPM Mitra dalam mengelola media.
“Sudah bagus mitra mengadakan PJTL, dulu waktu Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar kita dilatih menulis yang baik. Sedangkan untuk Pelatihan Jurnlaistik Tingat Lanjut ini bagaimana kita mengelola media, saya rasa perlu adanya materi rubrikasi.” Ujarnya kepada reporter LPM Mitra, Sabtu (6/4).
Usai kegiatan, Ika Novitasari  peserta PJTL dari LPM Tinta Banyuwangi menyampaikan, Ia merasa senang dan puas dalam menerima ilmu pelatihan. Karena menururtnya kegiatan ini mengupayakan untuk mencerdasakan para generasi milenial dengan pemateri yang berkualitas. “Pematerinya sangat berkualitas, ini pengalaman pertama saya, apalagi di LPM Tinta sendiri belum pernah mengadakan PJTL. Acara ini bisa menjadi acuan untuk LPM kami.” Ujar ika.[](M/BAN/Uun)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.