Ads

Ibu Kartini Pahlawan Sampai Akhir Jaman

Oleh: Beby Alfin Naby


Apakah kalian termasuk orang yang tidak setuju dengan adanya hari Kartini? Atau kalian termasuk “Feminisme”?
Kita tahu jasa beliau sangat besar bagi kebebasan kaum hawa di negara kita. Tanpa jasa beliau mungkin tak ada kaum hawa yang sekolah, bergelar sarjana, menjadi wanita karier, menjadi kepala desa, kepala camat, bahkan presiden.Jangankan menjadi pemimpin, mengemukakan pendapat saja butuh keteguhan hati untuk mengungkapkannya. Juga satu hal lagi, tanpa jasa beliau tulisan ini tak akan ada.
Bayangkan kita di usia sekarang berada di rumah, menjadi ibu rumah tangga, mengurus anak,dan tetap memakai kemben.Jika itu terjadi pada diri saya sendiri, saya akan merasa sangat tertekan. Dipenuhi pikiran untuk mencari cara bagaimana agar bisa terbebas tetapi masih dihantui ketakutan karena terkekang.
Lalu bagaimana seharusnya kita mengamalkan apa yang telah beliau perjuangkan? Kitagunakan kebebasan kita untuk melontarkan pendapat kita dengan bijak, tentu sesuai dengan aturan atau dasar yang ada. Jangan sampai kita tertindas karena kita kaum hawa. Jangan juga kita menindas karena telah bebas. Tinggi tanpa harus merendahkan.
Jadi, untuk kalian yang termasuk golongan feminisme apalagi kaum hawa, bisa dibayangkan bagaimana kalian tanpa adanya sosok seperti beliau. Seharusnya kita sangat bersyukur dengan apa yang telah beliau perjuangkan.Tak cukup hanya ucapan terimakasih kepada beliau atas jasanya. Tak cukup hanya sebuah pujian tanpa amalan. Tak cukup juga sebuah tulisan untuk menggambarkan. Jasamu akan terus terasa selama Indonesia masih berdiri.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.