Ads

Perpustakaanku Wujuduhu Ka’adamihi

 

Sumber : Pinterest

Oleh : Fathur Rozi

Perpustakaan adalah tempat yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam. Mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya, melalui beragam cara interaksi pengetahuan. Perpustakaan ada disetiap jenjang pendidikan, baik tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, salah satunya adalah Universitas Islam Jember. Salah satu Perguruan Tinggi dengan fasilitas perpustakaan.

Namun sayangnya, saat ini perpustakaan hanya dipandang sebagai formalitas saja, untuk memenuhi fasilitas kampus semata. Mengapa demikian? Hal ini terlihat  dari keberadaannya yang dianggap tidak ada. Seperti halnya ungkapn dalam bahasa Arab yang mengatakan wujuduhu ka’adamihi yang bermakna “Ada-nya sama seperti ketidak beradaannya.”

Pada hakikatnya perpustakaan adalah tempat mahasiswa mencari literasi. Tetapi saat ini yang menjadi problematika ialah koleksi buku perpustakaan yang kurang mumpuni, tanpa adanya pembaharuan. Sehingga banyak mahasiswa yang mengeluhkan, bahwasannya buku mata kuliah  banyak yang tidak disediakan oleh perpustakaan dan koleksi buku sudah tidak menarik lagi untuk dibaca. Hal tersebutlah yang menjadi  salah satu penyebab mahasiswa enggan untuk mengunjungi walaupun hanya sekedar membaca di perpustakaan. Namun, hal tersebut yang kini menjadi sebuah problematika yang dianggap wajar.

Seharusnya pihak kampus lebih memahami kondisi tersebut, yang mana telah disampaikan oleh para mahasiswa melalui petisi yang tidak ada tidak lanjut sampai saat ini. Bahkan petisi yang dulu sempat ditanda-tangani, perlahan mulai dilupakan.

Kini literasi perlahan dikebiri, membuat mahasiswa mulai degradasi. Seharusnya kampus bukanlah ladang kapitalisasi, yang menguntungkan korporasi sedangkan literasi telah dieksekusi mati. Dari hal tersebut perlu dipertanyakan, apakah tidak ada kesadaran dari pihak kampus terhadap hal yang menyangkut  intelektualitas mahasiswa? Sedangkan saat ini, tanpa disadari Universitas mulai gelap aksara.

Masalah ini seharusnya menjadi sebuah evaluasi dalam perkembangan universitas, dengan tujuan membangun intelektualitas mahasiswa lebih baik lagi. Dengan melakukan pembaharuan koleksi buku perpustakaan yang lebih ter-Update Lagi. Dengan begitu mahasiswa dapat menikmati fasilitas kampus dan menyadari akan keberadaan perpustakaan kampus saat ini. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.