Tumbuhkan Jiwa Etrepreneur, Faperta UIJ Gelar UMKM Mahasiswa

TERSENYUM: Rektor UIJ, Abdul Hamid Pujiono bersama Dekan Faperta UIJ, Endang Sri Wahyuni saat melihat dan membeli usaha mahasiswa pada acara pameran Mahakarya Mahasiswa Agribisnis UIJ, Kemarin (9/11).  Fotografer: M. Taufik N. H.



UIJ, lpmmitra.id- Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Jember (UIJ) gelar pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bertema Mahakarya Mahasiswa. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Agribisnis UIJ itu, selain untuk syarat bisa melakukan skripsi, acara tersebut dijadikan langkah awal untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur. Hal tersebut dikatakn oleh Dekan Faperta UIJ, Endang Sri Wahyuni.

Dalam penjelasannya, kegiatan itu juga mengajarkan mahasiswa untuk bisa memanfaatkan hasil pertanian menjadi produk yang bernilai tinggi. Tidak hanya itu, pembelajaran tersebut juga menekankan mahasiswa untuk unggul dibidang Ilmu Pengetahuan dan teknologi (iptek). "Tapi tetap berlandaskan Islam Ahlusunnah Waljama’ah (Aswaja) An-nahdliyah pastinya,” terangnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kemarin (9/11).

Walaupun, lanjut dia, saat ini fasilitas pendukung untuk perkembangan usaha yang dilakukan oleh mahasiswa masih belum ada, sepereti laboratorium. Hal itu sudah disampaikan kepada Rektor UIJ secara lisan, untuk segera memenuhi kebutuhan mahasiswa. “Tadi rektor sudah menyarankan untuk mengajukan secara tertulis,” imbuhnya.

Endang berharap, adanya kegiatan tersebut bisa menumbuhkan semangat mahasiswa untuk menjadi pengusaha, walaupun tidak besar. Tidak hanya itu, dia mengatakan, apa yang menjadi kebutuhan mahasiswa pertanian, pihaknya akan mengusahakan semaksimal mungkin supaya bisa terpenuhi. “Semua itu saya lakukan agar mahasiswa bisa lebih produktif lagi dalam pengembangan produk karyanya,” pungkasnya.



Pewarta : Ahmad Ali Bahtiar

Editor : Tria Febriani
 

Komentar