Ads

HEBAT! MAHASISWA UIJ LOLOS MENGIKUTI PKM 2024

POTRET: Foto bersama Mahasiswa PKM UIJ dan pembimbing dengan menampilkan produk wirausaha mereka. Sumber: Istimewa

UIJ, lpmmitra.id- Tujuh mahasiswa Universitas Islam Jember (UIJ), telah lolos mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Menurut informasi yang diumumkan sejak 20 April 2024 lalu, terdapat dua kelompok yang lolos mengikuti PKM antara lain, di bidang PKM Kewirausahaan (PKM-K) serta, PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM).

Noviatun Hasanah, selaku ketua kelompok yang lolos PKM-K mengatakan, dirinya tidak menyangka jika kelompoknya berhasil lolos dalam PKM tahun ini. “Saya sangat senang dan bersyukur, ketika mendengar kelompok saya yang terdiri dari tiga anggota ini berhasil lolos PKM, ini tidak disangka,” ungkapnya saat diwawancarai via Aplikasi WhatsApp, Jum’at (26/4).

Usaha produk yang dipakai dalam kegiatan PKM oleh Novi yaitu, abon dari ampas kedelai. Ia mengaku, mendapatkan ide tersebut saat sedang browsing internet. Kemudian, ketika ide tersebut muncul, dia segera membentuk anggota kelompok. “Saya mendapat ide membuat produk yang diolah dari kedelai. Kebetulan di daerah saya sendiri ampas kedelai jadi permasalahan, singkatnya kami sepakat untuk berinovasi merubah limbah ampas kedelai menjadi abon,” ujarnya.

Disamping itu, M. Nur Rikza Askal Umam selaku ketua kelompok yang lolos di PKM-PM mengatakan, jika dirinya mendapatkan info lolos tersebut saat ditelepon oleh pihak Kemahasiswaan UIJ. Saat ditelepon, dia diberitahu bahwasanya UIJ berhasil lolos sejak empat tahun terakhir. “Alhamdulillah, yang lolos ada dua kelompok untuk tahun ini sejak 2020, salah satunya dari kelompok saya yang terdiri dari 4 anggota,” ucapnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kelompok Rikza pada PKM-PM yaitu, memberikan Bimbingan Belajar (Bimbel) kepada masyarakat. Bimbingan itu diberikan kepada anak Pekerja Migran Indonesia (PMI), yang dilaksanakan di desanya sendiri. “Kegiatan itu akan dilakukan di desa saya, kebetulan disana cenderung banyak orang-orang yang meninggalkan anak-anaknya ke luar negeri, sehingga kami sepakat membuat Bimbel disana” jelasnya.

Rikza juga berharap kepada mahasiswa di UIJ, agar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. “Mumpung ada event-event di kampus ini, jika ada kesempatan tetapi kita tidak ikut, lalu kapan lagi,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, berikut nama-nama peserta kelompok yang berhasil lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa di UIJ :

Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) :

1. Nofiatun Hasanah

2. Erna Fatimatuz Zaroh

3. Zuh Rotul Lailiyah

Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) :

1. M. Nur Rikza Askal Umam

2. Siti Nur Haliza

3. Helda Syarifah

4. Nabila Riski Ananda

 

Pewarta: Dewa Farizal Tanjung

Editor: Linda Nurul Hidayah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.