Ads

117 peserta Ikuti Ospek Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dekan dan jajaran kepala prodi FISIP sampaikan materi.
Fotografer : Imam Nawawi
 

Mitra_Sebanyak 117 peserta mengukuti kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Jember (UIJ), dengan tema membangun karakter muda yang mandiri, kreatif, kritis, dan trasformatif. Hal tersebut berlangsung di Aula Miftahul Ulum kampus 1 UIJ, Jumat (4/10).

Yustika Lutfi Prihandini ketua panitia ospek menyampaikan kepada reporter mitra bahwa, 117 peserta merupakan mahasiswa baru FISIP. Peserta ospek dari dua program studi yang ada di FISIP. "Dari ilmu komunikasi, dan Administrasi Negara,"Ujarnya.

Lutfi juga menyampaikan alasan diselenggarakan kegiatan tersebut bahwa, untuk mengenalkan sistem yang terdapat di fakultas. Dia berpendapat bahwa  ospek universitas masih belum cukup untuk mahasiswa baru. Sehingga , ospek fakultas perlu diadakan lantaran banyak hal yang harus mereka ketahui di dalamnya. "mereka tidak tahu di fakultas itu ada apa, di prodi itu ada apa" Terangnya.

Lutfi menambahkan bahwa, kegiatan akan berlangsung sampai sabtu. Menurut dia untuk materi hari pertama tentang pengenalan fakultas dan prodi. Selain itu, pada hari Sabtu  juga ada pengenalan organisasi kemahasiswaan (Orkema) yang ada di FISIP dan  Ospek tersebut ,akan di tutup dengan malam keakraban. "malam keakraban itu santai, yang penting itu keakraban dan semua kenal, tidak ada senior dan junior," Jelasnya.

Lutfi berharap, usai kegiatan Ospek para peserta dapat  paham dengan tugasnya. Selain itu kata dia, mereka bisa mengerti poin-poin yang ada di fakultas, serta kinerja setiap bidang di dalamnya. "oh di HMP itu ada ini, oh di BEM tugasnya Ini, " Tuturnya.

Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Arif Hidayatulloh  memberi tanggapan terkait  Ospek tersebut. Bahwa, kegiatan dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir. Selain itu kata dia,  pihaknya menginginkan peserta dapat termotivasi agar bisa mandiri, kreatif, kritis, dan transformatif. "jadi di situ kita harus bisa membedakan mahasiswa dan siswa, kita itu lebih lah. Jadi, mahasiswa yang mandiri itu tau kalau dirinya adalah agent of change, agent of control dan agen-agen yang lainnya," Tanggapnya.

Arif juga akan adakan tindak lanjut usai kegiatan Ospek Fakultas. Kata dia, akan menjalankan program kerja selanjutnya, yaitu tujuan dari  kepemimpinannya . " program kerja selanjutnya,  akan tidak jauh dari tema ini," Pungkasnya.  (Naw)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.