Ads

Sertifikat TOEFL UIJ Tidak Diakui Beberapa Lembaga


Panik: Mahasiswa membincangkan TOEFL UIJ tidak diakui
beberapa lembaga, Kamis (10/10) di halaman kampus 1 UIJ.

Mitra_Test Of English as a Foreign Language (TOEFL)  Universitas Islam Jember (UIJ) tidak diakui beberapa  lembaga. Buktinya, salah seorang alumni yang hendak melanjutkan program S-3 di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Surabaya menyodorkan sertifikat TOEFL dari UIJ, secara halus ditolak atau tidak diakui. Isu tersebut diinformasikan melalui Via Whatsapp, Rabu (9/10) kepada reporter Mitra.
Salah seorang alumni UIJ (sebut saja inisialnya “U"), mengaku bahwa TOEFL UIJ sepertinya tidak berlaku di lembaga manapun. Bahkan kata dia, ketika  temannya mendaftar  program S-3  di Universitas Negeri Surabaya (UNESA), sertifikat TOEFL yang dimiliki ternyata ditolak oleh petugas perguruan tinggi tersebut. "Akhirnya dia terpaksa nyari TOEFL yang diakui,"ungkapnya.
Menurut dia, TOEFL yang diakui oleh PTN tersebut, adalah TOEFL dari  perguruan tinggi yang sudah terkenal, dan telah menjalin kerja sama Internasional. "Jangankan UIJ, IAIN  saja tidak diakui,"tambahnya.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Bahasa UIJ, Imam Ghozali, tidak membenarkan isu tersebut. Bahkan Kata dia, banyak mahasiswa luar yang daftar di TOEFL UIJ. "Wong UNEJ saja banyak yang ambil ke kita," ujarnya.
Menurut Imam Ghozali bahwa, standaraisasi sertifikat TOEFL UIJ bersifat lokal, sehingga kata dia diakui atau tidak tergantung lembaga yang mau menerimanya. Terkadang memang, lanjutnya, untuk daftar program S-2, lembaga menjadikan TOEFL sebagai  salah satu syarat . Biasanya harus ikut di kampus mereka, biar UPT Bahasa mereka juga laku gitu loo,"jelasnya.
Selain itu, Imam juga mengungkapkan, bahwa, standart TOEFL bersertifikat Internasional selama ini, di Jember salah satunya adalah Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Texas. Kata dia, biasanya digunakan untuk kepentingan Ujian LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) berupa beasiswa murni dari dikti atau seleksi masuk Pegawai Negeri Sipil. "Mereka mensyaratkan TOEFL  yang ditentukan. Biasanya itu di PT mana, umpama di Jember itu ada di Texas " ungkapnya.
Ia juga mengatakan bahwa, untuk tes kemampuan bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh Dikti dan  bersifat Internasional bukan TOEFL. Tetapi, kata dia ,  Test of English Profisiency (TOEP)  , biasanya untuk Sertifikasi Dosen (Serdos). Bahkan, lanjutnya, jumlah peserta sangat dibatasi, dengan persaingan ketat,  selain itu tempatnya juga ditentukan. "Sejawa Timur hanya ada di Brawijaya dan UNEJ," kata Imam.
Wakil Rektor 1 UIJ, Mohammad Qurtubi menambahkan, bahwa sertifikat TOEFL tergantung dari lembaga masing-masing. Kata dia, bukan hanya  lembaga swasta, bahkan lembaga negeri pun juga belum tentu diakui. "Tergantung permintaan dari luar,"tandasnya.(Amk/Shid/Naw)

2 komentar:

  1. informasi yang sangat bermanfaat, terima kasih

    jika anda ingin menghasilkan banyak uang dan menjadi kaya rasa, tidak ada salahnya mencoba bandarqq atau dominoqq di situs bandarqq terbaik hanya di http://180.215.13.115

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.