Ads

Definisi Toefl dan Pengakuannya di Luar Kampus




Definisi TOEFL adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Menurut sejarah EF ( English First) pusat pendidikan bahasa inggris, toefl dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat.  Toefl ini diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada setiap Universitas di Amerika Serikat dan Kanada, juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke Universitas Eropa dan Australia.  Secara umum tes ini menilai tentang kemampuan menulis dan tata bahasa dalam Bahasa Inggris, kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan baik dan benar, kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar mengenai uraian yang diberikan dosen.
Penjelasan tentang sejarah dan pengertian Toefl di atas, tak jarang sebagian dari perguruan tinggi swasta masih diragukan. Misal tentang pengakuannya di dunia kerja. Salah  satunya di Universitas Islam Jember.   Pendaftaran  yang relatif mahal. Ternyata legalitasnya tidak diakui oleh beberapa lembaga lain,  Otomatis pasti akan kecewa.
Akan tetapi pernyataan tersebut di atas dibantah oleh Imam Ghozali, Kepala UPT Bahasa. Justru dia tidak menerima komplain selama UPT Bahasa ini dibuka. “mungkin itu alasan mahasiswa atau mahasiswi yang tidak mau ikut tes toefl,” katanya saat dijumpai reporter LPM Mitra.
            Namun pada kenyataannya, Toefl yang UIJ keluarkan tidak diterima di beberapa lembaga lain. Seharusnya pihak UPT Bahasa dan seluruh pimpinan yang mempunyai wewenang didalamnya harus merubah dan memberikan formula baru agar Toefl di UIJ legalitasnya diakui oleh lembaga lainya.[]
Oleh: Elok Roudhotul Izzah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.