Ads

Pengaruh Manajemen Waktu dalam Organisasi


Oleh: Anisatul Fitriyah
 

Manajemen waktu yang baik harus dilakukan dalam kehidupan sehari – hari baik di dunia kerja, organisasi dan tugas sebagai mahasiswa. Dengan ikut organisasi waktu yang biasa di gunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas dapat berkurang. Sementara itu, kuantitas tugas  kuliah tetap sama saja antara kamu yang ikut organisasi dengan teman – teman lain yang tidak ikut organisasi. Akan tetapi, dengan adanya manajemen waktu yang baik, pekerjaan yang dilakukan akan terasa ringan. Namuan, Untuk melakukan manajemen waktu dalam suatu organisasi dapat di lihat dari tercapainya tujuan atau target yang sudah di rencanakan dan di tetapkan.
Bagi pemula yamg sedang belajar manajemen waktu, harus dapat menjadi bentuk kegiatan terencana, agar individu dapat menjamin terciptanya suatu permasalahan yang ada.
Kemudian, tujuan utama dari manajemen waktu adalah untuk memudahkan suatu pekerjaan secara efesien dan efektif.
Menurut Atkinson manajemen waktu adalah jenis yang keterampilan yang berhubungan dengan segala bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan secara terencana agar individu terseebut dapat memanfaatkan waktunya dengan sebaik mungkin.
Dari definisi manajemen waktu tersebut dapat di simpulkan bahwa, dengan adanya manajemen waktu di dalam organisasi dapat membantu mengurangi dan mencegah terjadinya bentrok waktu yang bersamaan. Sehingga, dapat membantu organisasi dalam proses evaluasi terhadap hasil kerjanya. Sedangkan untuk kehidupan pribadi manajemen waktu yang baik dapat dilihat dari alokasi waktu dan kedisiplinan ,dalam kehidupan sehari – hari baik dunia kerja maupun keluarga.
Sehubungan dengan manajemen waktu dalam organisasi, mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dalam sebuah organisasi. Sebagai seorang mahasiswa yang berperan menjadi aktifis di universitas dapat dimulai dengan manajemen waktu.
 Hal tersebut, jelaslah dalam manajemen waktu dapat menetukan sikap dan perilaku seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan, dan kegiatan didalam atau pun di luar l organisasi. Selain itu, dalam menjalankan manajemen waktu adalah konsisten, sebab salah satu ciri manajemen waktu yang baik yaitu praktek terus menerus.[]


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.