Ads

Persma Bukan Humas Kampus

Ilustrator: Maulana Ij'al

Mungkin beberapa orang masih bingung dengan Pers Kampus. Sehingga mereka menganngap Pers Mahasiswa selau mengabarkan jelek-jelekya kampus, padahal sudah didanai kampus. Anggapan tersebut, bukan hanya dari orang biasa, sekeleas akademisi pun terkadang juga beranggapan seperti itu.
Dilangsir dari BEM.Thamrinaka.com 2020 Pers kampus ada yang dikelola birokrasi kampus. Ada pula yang dikelola unit kegiatan mahasiswa pers yang dikenal sebagai Lembaga Pers Mahasiswa (LPM).
Dalam hal ini, Humas kampus dapat dikatakan bagian Pers yang melakukan kegiatan jurnalistik  tetapi dikelola oleh kampus. Sehingga, dimasukan struktur kepegawaian yang bertugas menginformasikan berita yang bagus-bagus tentang lembaga, secara halus untuk penciraan.
Sementara Pers Mahasiswa (Persma) yang juga sama melakukan aktivitas jurnalistik, tetapi dikelola oleh mahasiswa, kemudian menjadi Lembega Pers Mahasiswa (LPM). Tentunya tujuannya sebagai kontrol terhadap kampus, sebagai bentuk peran mahasiswa sendiri yakni Again Of Chane and Control.
Selain itu kepentingan dari Humas Kampus, mereka melakukan hal itu lantaran tuntutan kerja, serta hasil karya yang di buat adalah pesanan para birokrat kampus, dan sudah tentu juga di gaji.
Namun Persma melakukan aktivitas jurnalistik sebagai upaya meningkatkan bakat menulis, serta  lahir dari kepedulian terhadap lingkungan kampus yang dirasa tidak ideal. Sehingga melalui karya jurnalis mereka,  diharapankan mampu membawa perubahan.
Maka dari itu, tidak heran jika Perma selalu memberikan kritik dan mengabarkan isu-isu yang sentitif bagi para birokrat kampus. Sebab hal tersebut, dilakukan supaya tidak ada penyalahgunaan jabatan oleh para pegawai didalamnya.
Sebab, Pers mahasiswa adalah nafas bagi tegaknya demokrasi. Upaya mencerdaskan masyarakat kampus harus senantiasa diupayakan. Pers mahasiswa mesti lahir dari sebuah independensitas, mempunyai gagasan dan pemikiran yang bebas dalam setiap permasalahan, dan mempunyai idealisme. Pers mahasiswa akan selalu berkembang seperti berkembangnya jaman. Saat jaman bergerak maka saat itulah pers mahasiswa berarah.
Itulah sedikit cuplikan perbedaan Persma dengan Humas kampus, memang keduanya hampis mirip, tetapi tetap berbeda. Bagaikan suami dan istri dalam rumah tangga, tetapi memiliki fungsi yang berbeda, meski tempatnya sama.[]
Oleh: Imam Nawawi

1 komentar:

  1. tafakkur bilqolbi
    Apa dampak yang munkin akan timbul ketika sebuah informasi disebarluaskan??
    negatif ataukah psitif ?
    kemajuan atau kehancuran ?

    berpikir logis dan kritis sangat dibutuhkan
    namun harus tetap menggunakan akal sehat bukan dengan emosional yang menyesatkan
    itu sih jika masih menginginkan lembaga tempat kita bernaung tetap eksis dan menjadi kebanggan warga nahdhiyyin

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.