Ads

Tips Tidak Terlambat Kuliah Pagi

Sumber: isolapos.com

Menurut KBBI V, kuliah merupakan pelajaran yang diberikan di perguruan tinggi. Dalam bangku perkuliahan ada yang namanya kontrak kuliah, dimana kotrak kuliah tersebut adalah kesepakatan antara mahasiswa dan dosen untuk memulai perkuliahan. Namun pada umumnya, perkuliahan telah terjadwal waktunya. Termasuk di perguruan tinggi swasta yakni Universitas Islam Jember (UIJ).
Di UIJ, rata-rata kuliah awal dimulai pukul 08.00 WIB, namun ada saja mahasiswa yang sering terambat dengan berbagai alasan. Berikut adalah 2 tips yang dapat diterapkan bagi mahasiswa yang sering datang terlambat .
1.      Bangunlah tidur 2 – 3 jam sebelum kelas dimulai
Aktivitas mahasiswa yang begitu padat membuat waktu tidur mahasiswa berkurang. Akibatnya, banyak dari mahasiswa yang mengantuk saat jam kuliah bahkan, terlambat kuliah saat kuliah dimulai pukul 08.00 WIB.
Ketika ditanya kenapa terlambat oleh kawan-kawannya, jawabannya adalah “bangun kesiangan. Bagi anda yang kesusahan bangun pagi meski sudah menyalakan alarm. Coba mintalah bantuan kepada keluarga, teman, atau siapa saja unuk membangunkan Anda.
Bangunlah pada jam yang sama minimal selama tiga hari. Hal tersebut akan menjadi . Dalam psikologhore.com, ada 8 langkah yang dapat di terapkan untuk membentuk kebiasaan apapun, termasuk bangun pagi. Terutama bagi anda yang beragama Islam, bangun pagi merupakan kewajiban. Kewajiban tersebut ialah melaksanakan solat subuh.
Dalam waku 2-3 jam itu, anda dapat mempersiapkan diri untuk menuju kampus. Mahasiswi cenderung mengutamakan penampilan. Hal tersebut membuat banyak waktu yang dihabiskan untuk bersolek dan memilih pakaian. Walaupun dihadapan terdapat tumpukan pakaian, mahasiswi alias kaum hawa ini akan mengatakan “aduh, saya tidak punya baju”. Maka dari itu, 2-3 jam adalah waktu yang tepat untuk bangun tidur sebelum menuju kampus.
2.      Tahu Jarak Tempuh antara tempat tinggal dengan kampus
Tempat tinggal yang dihuni oleh mahasiswa UIJ ada berbagai jenis. Ada yang pulang – pergi, indekos, mengontrak rumah, bahkan ada yang menginap di kampus karena berbagai alasan, dsb. Tempat tinggal yang berkaitan dengan jarak tersebut berpengaruh terhadap waktu tempuh yang dibutuhkan.
Misal, jarak tempuh tempat tinggal Anda sekitar 20 Km dari kampus, maka waktu yang Anda butuhkan untuk sampai ke kampus sekitar 45 menit. Waktu tersebut didapat bila Anda mengendarai sepeda bermotor dan sudah cukup, agar Anda tidak tergesa-gesa saat berangkat. Tentu Anda sudah paham betul berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke kampus dari tempat tinggal Anda.
Itulah dua tips yang sangat penting dilakukan agar tidak terlambat kuliah. Semoga bemanfaat bagi mahasiswa, dosen dan karyawan.
Oleh: Beby Alfin Naby

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.