Ads

HMP Forest UIJ, Gelar Kompetisi ESC se-Indonesia

 


Fokus: Juri ESC Dyah Ayu N (Dosen Pend. Bhs. Inggris UIJ) sedang menilai penampilan peserta melalui Zoom Meeting, Sabtu (20/3). Fotografer: Beby Alfin Naby

Mitra_Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Forest (HMP Pend. Bahasa Inggris) Universitas Islam Jember (UIJ) mengadakan English Speech Competition (ESC) 2021. Acara ini berlangsung secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Panitia dan juri berpusat di Aula Ulum AA UIJ, Sabtu (20/3).

Acara yang bertemakan “Millenials’ Challenges in Digital Life” ini diusulkan oleh Imam Ghozali selaku  kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bahasa.  Tema tersebut dirasa sesuai dengan keadaan di era millenial sekarang yang serba digital. Sehingga, tema tersebut diambil  berkenaan dengan keadaan pandemi Covid-19. “Mengharuskan generasi milenial mengikuti arus perkembangan tekhnologi digital,” pungkasnya.

Wardatul Kamila Rosa ketua panitia ESC mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan acara tahunan HMPS Forest, yang berkolaborasi dengan UPT Bahasa UIJ. “Ini adalah event yang ketiga kalinya” ungkapnya. 


Mila panggilan akrabnya, menututurkan bahwa kompetisi tingkat nasional ini diikuti oleh 39 peserta. Peserta merupakan siswa-siswi tingkat SLTA/Sederajat yang berasal dari berbagai daerah di Indoseia. Kata dia, panitia tidak membatasi daerah asal peserta. “Selain dari Jember, peserta tersebut berasal dari Samarinda, Semarang, Situbondo, Jakarta dll. Peserta diminta menyampaikan ide yang telah mereka siapkan dengan durasi 4 – 7 menit” tambahya.

Mila mengungkapkan bahwa tujuan dari diadakannya ESC ini ialah diharapkan dapat menjadi wadah unjuk kebolehan antar siswa-siswi seluruh di Indonesia. Terutama, lanjutnya agenda tersebut untuk menghasilkan siswa berbakat setiap tahunnya. “Terutama dibidang bahasa inggris,” tegasnya.



Sebelum penutupan, acara diakhiri dengan pengumuman pemenang kompetisi. Pemenang tersebut diantaranya ialah Juara I Rasya Amira Maher (SMAN 3 Semarang), Juara II Habiebie Fauzan Hendriansyah (MAN 2 Samarinda), Juara III Gracesya Lintang Julissetyawati (SMAN 14  Jakarta), Juara Harapan 1 Naufal Khannur Taufiqurrahman (SMA Nuris Jember), dan yang terakhir Juara Harapan 2 M. Saifullah (SMA Annuqoyah Sumenep). Setelah itu acara diakhiri dengan foto bersama virtual.

Pewarta: Beby Alfin Naby

Editor: Dwi Devi Khoirotun Nisa’


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.