Ads

Dekan Pertanian UIJ Perbaiki Sistem Pembelajaran

WAWANCARA : Dekan Fakultas Pertanian Endang Sri Wahyuni berikan tanggapan tentang perbaikan sistem pembelajaran. Fotografer : Indra Yufi Saputra 

lpmmitra.id, UIJ - Menjelang aktif perkuliahan, Fakultas Pertanian Universitas Islam Jember (UIJ) berikan arahan kepada tenaga pendidik untuk bisa memberikan rasa nyaman kepada mahasiswanya. Selain itu, Fakultas tersebut juga menyiapkan sejumlah fasilitas praktik Mahasiswa yang saat ini dalam tahap perbaikan. Upaya tersebut mulai dilakukan Endang Sri Wahyuni usai menjabat sebagai Dekan di UIJ.

Endang sapaan akrabnya menuturkan, saat ini pihaknya terus melakukan evaluasi sistem pembelajaran yang efektif sehingga mahasiswa memiliki rasa nyaman dalam perkuliahannya. Selain itu, pihaknya menyiapkan lahan praktik sesuai kebutuhan mahasiswa mulai dari konvensional maupun non konvensional.

"Dalam waktu dekat kami sedikit demi sedikit mulai menyiapkan kebutuhan-kebutuhan adik mahasiswa pertanian seperti Agrotek maupun Agribis. Karena tidak cukup hanya teori, butuh aksi baik secara praktik maupun pembimbingan." Ujarnya Kamis (24/8)

Target kedepan lanjut dia, salah satu tempat praktik mahasiswa yaitu Laboratorium ketahanan pangan Greenhouse yang saat ini  akan mulai diperbaiki. Sebab, rak media tanam yang terdapat ditempat itu perlu ada pembaruan dan perbaikan. Oleh sebab itu, dalam waktu dekat mahasiswa sudah bisa melakukan praktik dengan efektif.

"Semua ini kami lakukan demi kemajuan pertanian, karena itu juga bentuk tanggungjawab kita sebagai tenaga pendidik memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa." Lanjutnya

Tidak hanya itu, Saat ini pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan salah satunya pada pembenihan. Sebab, mahasiswa diharapkan bisa melakukan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) hingga penelitian pada perusahaan tersebut. "Beberapa hari yang lalu kita melakukan MoU sehingga mahasiswa bisa mendapatkan fasilitas untuk dia PKL ataupun penelitiannya." Jelasnya

Harapan besar Dekan Pertanian, terus membagikan pengalamannya untuk diterapkan pada sistem pembelajaran yang ada di Fakultas tersebut. Makadari itu, melalui sistem yang mulai dilakukan bisa mencapai keberhasilan di dunia pertanian.

"Jika anak-anak ini berhasil maka suatu kebanggaan dan kebahagiaan saya sebagai tenaga pendidik. Karena bagaimanapun mahasiswa sama seperti anak saya sendiri," pungkasnya. (*)


Pewarta: Indra Yufi Saputra

Editor: Tria Febriani 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.