Dianggap Tidak Serius, Pengenalan Mahasiswa Baru UIJ diwarnai Aksi Unjuk Rasa



Potret: Saat Demonstran Masuk ditengah Acara PKKMB UIJ berlangsung, di Gedung Serba Guna, Senin (21/8). Fotografer: Khotibul Umam

 

lpmmitra.id_ UIJ, Aksi unjuk rasa mahasiswa  yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Jember (UIJ) berlangsung saat pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Dilakukannya Aksi tersebut disinyalir karena kegiatan yang dilakukan setahun sekali itu dianggap tidak melalui proses yang matang, sehingga terkesan main-main. Hal tersebut dikatakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIJ, Mohammad Roni.

Kegiatan itu seharusnya, lanjut dia, direncanakan dan dipersiapkan dengan baik, namun dalam pembentukan panitia saja tidak sampai satu bulan. Oleh karenanya, BEM tersebut menyesali penyelenggaraan pengenalan mahasiswa baru UIJ yang dianggap tidak serius dan seperti dipaksakan. 

“Wong rapatnya satu kali sama mahasiswa baru bisa berjalan seperti itu, ini sebarnya kayak nggak niat buat PKKMB tapi dipaksanakan,” terangnya saat di wawancara di gedung serba guna saat pelaksanaan PKKMB UIJ, Senin (21/8).

Selain itu, dalam penjelasannya aksi tersebut dilakukan saat pengenalan mahasiswa baru berlangsung. Sebab dilakukannya aksi unjuk tersebut menumbuhkan rasa kepeduliannya terhadap UIJ di setiap permasalahan yang ada. 

“Karena mau tidak mau dia juga akan meneruskan kita yang sudah selesai di kampus. Menjadi doktrin kepada mahasiswa untuk peduli akan kampusnya. Dan itu sangat penting,” imbuhnya.

Roni berharap, penyelenggara dan pelaksana lebih siap dan matang sebelum acara dimulai. Sebab, melibatkan mahasiswa sehingga kampus bisa memberikan kesan yang baik kepada maba tersebut. “Lebih ditata lagi ketika membuat agenda, minimal h- satu bulan itu sudah ada planning dan semacamnya, sehingga ini tidak terkedan main-main acaranya,” pungkasnya.(*)


Pewarta : Kholid Suyanto
Editor : Tria Febriani


Komentar