Ads

Tahun 2023, Jumlah Pendaftar di UIJ Anjlok Hingga 600 Orang

 

Potret : Seorang calon mahasiswa baru sedang melakukan registrasi, Senin (14/8) Fotografer: Kholifatus S


UIJ, lpmmitra.id - Jumlah pendaftar pada masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)  Universitas Islam Jember (UIJ) tahun ajaran 2023 ini anjlok. Diketahui jumlah Calon Mahasiswa Baru (Camaba) turun drastis hingga mencapai 600 orang jika dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut dikatakan Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) PMB UIJ Atman Hadip.

Menurutnya, camaba yang mendaftar di UIJ masih tergolong sedikit dibanding tahun lalu. Sebab, jumlah keseluruhan camaba yang terdata per tanggal 8 Agustus 2023 sebanyak 460 mahasiswa. Total tersebut, kata Atman, merupakan akumulasi dari pendaftaran pada gelombang satu dan dua. “Kalau tahun lalu mencapai 1000 lebih, sekarang cuman 460 orang kemungkinan akan bertambah,” ujarnya, saat di konfirmasi di Aula Ulum UIJ, Kamis (10/8)

Pria yang pernah menjabat sebagai staff LP2AN ini mengaku tidak mengetahui penyebab menurunnya jumlah pendaftar di UIJ. Kondisi tersebut hingga kini masih menjadi pertanyaan besar baginya. Sebab, menurut dia, PMB sudah melakukan beberapa upaya untuk mempromosikan universitas yang dijuluki kampus Aswaja ini. “Saya tetap melakukan sosialisasi ke lembaga  dan Alhamdulillah bertambah setiap harinya,” tuturnya.

Atman membeberkan, dia menggait para alumni dan karyawan untuk menjaring camaba dari lingkungannya masing-masing. Tidak hanya itu, pihaknya juga telah meminta bantuan para mahasiswa UIJ penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) ikut serta mencari mahasiswa yang akan mendaftar di UIJ. “Saya ingin mahasiswa penerima KIP-K ikut serta berfikir masalah ini,” ucapnya.

Dia menginginkan permasalahan tersebut tidak hanya diselesaikan oleh PMB saja, namun adanya permasalahan tersebut bisa diatasi secara bersama-sama “PMB tidak mau bergerak sendiri, melainkan mahasiswa,ormawa,alumni juga ikut serta. Bagi PMB mahasiswa 500-600 itu sudah bagus ,” pungkasnya.



Penulis : Kholifatus Sakdiyah

Editor : Tria Febriani

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.