Ads

Alami Penurunan Maba, Dekan Fisip Khawatirkan Akreditasi Menurun

Potret: Dekan Fisip UIJ, Nur Wahdatul Chilmi, saat Memberikan Sambutan pada Acara PKFMB Fisip, Jum'at (25/8). Fotografer: Khotibul Umam


lpmmitra.id_ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Jember (UIJ) di tahun ini mengalami penurunan jumlah mahasiswa baru. Menanggapi permasalahan ini, Dekan Fisip, Nur Wahdatul Chilmi tegaskan, akan terus berupaya keras untuk mencari tambahan mahasiswa.

Dia khawatir, penurunan jumlah mahasiswa baru tahun ini, nantinya berdampak pada proses akreditasi. "Karena penurunan mahasiswa yang signifikan itu, kekhawatiran kami nanti adalah di akreditasi dua tahun lagi," terangnya, saat diwawancarai seusai acara Pengenalan Kehidupan Fakultas Mahasiswa Baru (PKFMB) Fisip kemarin, Jum'at (25/8).

Penurunan mahasiswa Fisip tahun ini sangat signifikan. Dekan fisip ini menyebut, mahasiswa yang sudah mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) tahun ini, hanya berjumlah 88 orang. Berbeda dengan tahun Kemaren, yang setiap prodi terdapat 90 mahasiswa, baik dari Administrasi Negara (AN) maupun Ilmu Komunikasi (ILKOM) .

Memy, sapaan akrabnya, menyebutkan, sampai saat ini pihak fakultas masih tetap berupaya melakukan sosialisasi melalui media sosial bahkan lembaga-lembaga terkait. "Dan kami juga berusaha semaksimal mungkin untuk berjejaring dengan pondok pesantren," imbuhnya. 

Tidak hanya di daerah Jember, dalam penjelasannya, sosialisasi juga dilakukan diluar Kota sekitar Jember. "Bahkan saya dalam waktu kurang lebih seminggu dua minggu ini sudah janjian dengan pondok pesantren dilumajang," tegasnya. 

Dari upaya yang telah dilakukan tersebut, Dekan Fisip itu optimis jumlah mahasiswa baru di Fisip bisa bertambah sesuai yang di inginkan. "Kami positif thinking, InSyaaAllah kami yakin bahwa akan terus bertambah jumlah mahasiswa, karena pendaftaran masih dibuka sampai september," pungkasnya.

Pewarta: Khotibul Umam

Editor: Tria Febriani 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.