Ads

Kerja Sama dengan MUI, UIJ Adakan Workshop Penetapan Fatwa

Potret: Saat Rektor UIJ, Abdul Hamid Pujiono, menerima penyerahan Cindera Mata dari Pengurus MUI Jawa Timur, Kamis (7/9). Fotografer: Indra Yufi Saputra


lpmmitra.id- Universitas Islam jember (UIJ) mengadakan workshop tentang Pedoman dan Mekanisme Penetapan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Adanya kegiatan itu, merupakan salah satu tindak lanjut dari kerja sama UIJ dengan MUI Jawa Timur (Jatim). Hal tersebut dikatakan oleh Rektor UIJ, Abdul Hamid Pujiono.

Pengajuan untuk kerja sama, lanjut dia, sudah dilakukan semenjak satu bulan yang lalu, namun masih belum mendapat tanggapan dari pihak MUI Jatim. "Karena kesibukan-kesibukan, jadi dari beliau-beliau para punggawa MUI Jawa Timur belum sempat nandatangani," ujarnya saat diwawancarai didepan Aula Miftahul Ulum Kampus I UIJ, Kamis (7/9).

Meskipun demikian, dalam penjelasannya, apa yang menjadi kerja sama dengan pihak MUI, sudah bisa dikerjakan satu-persatu sesuai dengan harapan. "Salah satunya yang saat ini kita lakukan, yakni ada workshop tentang pedoman dan penetapan mekanisme halal," imbuhnya.

Rektor UIJ berharap, setelah adanya kegiatan workshop, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara mengajukan fatwa halal terhadap setiap permasalahan. "Mulai dari pengajuan, temuan-temuan, deskripsi masalah, kemudian dimintakan fatwa kepada MUI, didampingi oleh siapa, bagaimana mekanisme penetapannya," pungkasnya.



Pewarta: Vina Amalia Agustin
Editor    : Tria Febriani

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.