Bulan Maulid Nabi, Harga Daging Ayam di Pasar Tanjung Stabil

Semangat: seorang penjual ayam potong di pasar tanjung saat melayani pembelinya, Rabu (27/9). Fotografer: Kholid Suyanto. 

JEMBER KIDUL, lpmmitrai.id- Memasuki bulan Maulid Nabi, harga bahan pokok di Pasar Tanjung masih stabil. Mulai dari harga ayam potong, bawang putih, bawang merah dan cabai tidak ada yang mengalami kenaikan harga. 

Penjual ayam potong, Enita Sofiana menjelaskan, tidak ada kenaikan yang signifikan, meskipun sudah memasuki Maulid Nabi. Beberapa hari lalu harga daging ayam potong Rp 33 ribu, hari ini Rp 34 ribu. "Naiknya Rp 500 sampai Rp 1 ribu cuman," terangnya saat diwawancarai di tempat kerjanya, Rabu (27/9). 

Dalam penjelasannya, tidak sama seperti tahun lalu yang bisa menyentuh Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu. Hal tersebut menjadi sebuah keuntungan karena para pelanggan bisa membeli hingga 4 kg setiap harinya. "Enak harga gini ini, rame yang beli," imbuhnya. 

Senada dengan itu, penjual bahan pokok, Zubaidah, menurutnya ada beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan harga, seperti bawang merah yang semula Rp 25 ribu, sekarang hanya Rp 23 ribu. Tidak hanya itu, bawang putih juga turun hingga Rp 2 ribu. "Kemarin Rp 27 ribu, sekarang Rp 25 ribu perkilonya," terangnya. 

Dijelaskan, biasanya kenaikan pada bulan Maulid terhitung sejak tanggal 7, 8 hingga 12 pada kalender jawa. Namun tidak pada tahun ini, meski sudah memasuki hari-hari orang ramai belanja. "Enak juga, karena pelanggan tidak ada yang komplain," tuturnya. 

Menanggapi hal tersebut, pembeli bahan baku Pasar Tanjung, Sri Hartati merasa lega, tahun ini kenaikan harga tidak seperti sebelumnya. Adanya hal tersebut apa yang menjadi kebutuhan sehari-hari bisa dipenuhi tanpa mengeluarkan biaya yang besar. "Kalau tahun lalu saya belanja bisa sampai Rp 1 juta," pungkasnya.



Pewarta: Kholid Suyanto

Editor    : Tria Febriani

Komentar