Ads

FASILITAS DAN PENGEMBANGANNYA

Oleh: Nur aini

            Pada zaman global sekarang, pendidikan merupakan sesuatu yang penting. Karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar bisa menjawab tantangan kehidupan. Untuk memperoleh pendidikan, banyak cara yang dapat kita capai. Diantaranya melalui perpustakaan. Karena di perpustakaan berbagai sumber informasi bisa kita peroleh, selain itu banyak juga manfaat lain yang dapat kita peroleh melalui perpustakaan. Ketika kita mendengar kata perpustakaan, dalam benak kita langsung terbayang sederetan buku-buku yang tersusun rapi di dalam rak sebuah ruangan. Pendapat ini kelihatannya benar, tetapi kalau kita mau memperhatikan lebih lanjut, hal itu belumlah lengkap. Karena setumpuk buku yang diatur di rak sebuah toko buku tidak dapat disebut sebagai sebuah perpustakaan.
            Memang pengertian perpustakaan terkadang rancu dengan dengan istilah – istilah pustaka, pustakawan, kepustakawanan, dan ilmu perpustakaan. Secara harfiah, perpustakaan sendiri masih dipahami sebagai sebuah bangunan fisik tempat menyimpan buku – buku atau bahan pustaka. Untuk itu, pada pembahasan kali ini akan dikupas secara mendalam tentang pengantar umum perpustakaan yang meliputi : pengertian perpustakaan, maksud dan tujuan pendirian perpustakaan, jenis – jenis perpustakaan, peranan, tugas, dan funsi perpustakaan, aktifitas pokok perpustakaan, dan perpustakaan sebagai disiplin ilmu.
Menurut Radom House
            dalam bukunya Dictionary of The English Language, Perpustakaan adalah suatu tempat, berupa sebuah ruangan atau gedung yang berisi buku dan bahan lain untuk bacaan,studi,ataupun rujukan.
            Menurut Ensiklopedia Britannica, bahwa sebuah perpustakaan adalah himpunan bahan–bahan tertulis atau tercetak yang diatur dan diorganisir untuk tujuan studi dan penelitian atau pembacaan umum atau kedua-duannya.
            Ada dua unsur utama dalam perpustakaan, yaitu buku dan ruangan. Namun, di zaman sekarang, koleksi sebuah perpustakaan tidak hanya terbatas berupa buku-buku, tetapi bisa berupa film, slide, atau lainnya, yang dapat diterima di perpustakaan sebagai sumber informasi. Kemudian semua sumber informasi itu diorganisir, disusun teratur, sehingga ketika kita membutuhkan suatu informasi, kita dengan mudah dapat menemukannya.
            Dengan memperhatikan keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi. ( Sugiyanto )
            Menurut RUU Perpustakaan pada Bab I pasal 1 menyatakan Perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam, mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.
            Perpustakaan adalah fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan. Tujuan dari perpustakaan sendiri, khususnya perpustakaan perguruan tinggi adalah memberikan layanan informasi untuk kegiatan belajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Wiranto dkk,1997).

            Perpustakaan sebagai unit terpenting dalam kampus khususnya, yang menjadi salah satu sumber referensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Pada umumnya perpustakaan memiliki cara dan aturan tersendiri untuk bisa berjalan pada koridor yang benar begitupun pada perpustakaan di kampus UIJ, disini menerapkan aturan dan tatacara didalamnya seperti hal pinjam meminjam buku, pustakawan mewajibkan kita mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menikmati koleksi dan mencari refrensi yang mereka butuhkan, ketika meminjam buku biasanya pustakawan memberikan jangka waktu untuk pengembalian buku, begitupun aturan ketepatan waktu pengembalian buku, pustakawan biasanya akan memberi sanksi berupa denda jika terlambat mengembalikan,di perpustakaan kampus hijau ini denda akan berlaku kelipatan jika kita semakin molor dalam pengembaliannya. Denda ini di lakukan selain untuk membuat peminjam jera, biasanya denda juga akan masuk pada kas perpustakaan yang nantinya dipergunakan untuk perawatan dan membeli keperluan perpustakaan. Perpustakaan biasanya akan selalu update tentang buku-buku referensi terbaru, namun kendala pendanaan yang kurang membuat pihak perpustakaan kesulitan dalam perbaharuan koleksi-koleksinya, dalam hal ini dibutuhkan kerjasama antara pihak yang bersangkutan. Kerjasama yang baik dan sifat saling respect antara pihak yang bersangkutan pasti akan menimbulkan dampak yang lebih baik lagi dalam mencapaiketerbukaan dan  kerjasama yang harmonis.   

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.