Ads

Pantas Mengundurkan Diri, Pujiono Rektor Ilegal di UIJ

 

Universitas Islam Jember (UIJ) baru-baru ini menjadi sorotan publik, dengan adanya kabar bahwa rektor Abdul Hamid Pujiono mengundurkan diri dari jabatannya. Hal itu ia lakukan menjelang perhelatan wisuda mahasiswa 2024.

Namun, berdasarkan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) yang diakses oleh penulis pada Sabtu, 16 Maret 2024 pukul 21.06 WIB. Rupanya nama Abdul Hamid Pujiono belum terdaftar sebagai Rektor di UIJ. Justru nama pimpinan kampus tersebut masih Abdul Hadi, alias rektor sebelumnya. Selain itu, berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sangat memungkinkan jika Abdul Hamid Pujiono dikatakan sebagai Rektor ilegal dan tidak diakui oleh pemerintah.

Melalui data di atas, secara tidak langsung, selama dosen Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq (UIN Khas) Jember ini menjabat sebagai Rektor di UIJ, seluruh dokumen administrasi yang dia tandatangani, pastinya juga tidak sah. Mulai dari Surat Keputusan (SK) mutasi pejabat hingga ijazah mahasiswa yang baru lulus.

Selain itu, seluruh kebijakan yang dia terapkan di Kampus milik Yayasan Pendidikan Nahdlatul Ulama (YPNU) Jember ini, juga cacat formal. Mulai mewajibkan mahasiswa bayar Uang Kuliah Tinggalnya (UKT) minimal Rp 500 ribu, agar bisa melaksanakan Ujian Semester.

Oleh karena itu, mundurnya Abdul Hamid Pujiono sebagai pimpinan di Kampus ini, penulis menduga, pria tersebut sadar dan merasa dikibuli YPNU Jember. Karena saat ditunjuk sebagai Rektor UIJ, rupanya ia tidak di daftarkan ke PDDikti.

Lalu, apakah Pergantian Antar Waktu (PAW) pada 15 Maret 2024, dengan dilantiknya Ahmad Khalid sebagai Rektor UIJ 2024/2027, untuk menggantikan Abdul Hamid Pujiono juga akan diakui oleh pemerintah dan terdata di PDDikti?.  Mari dilihat beberapa bulan ke depan.


Nama: Siti Nur Aisyah

Editor: Linda Nurul Hidayah

Design: Dewa Farizal Tanjung

1 komentar:

  1. Apakah pembayaran UKT 500 ewu diganti/dihapus juga? Kita liat saja nanti😂

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.