Ads

Inovasi Olahan Ikan Kecamatan Puger, Abon Ikan Salah Satunya

            MITRA_Abon ikan salah satu produk rumahan yang diproduksi oleh masyarakat puger selain terasi. Crew LPM Mitra berkesempatan mengunjungi rumah pak Hasan yang merupakan salah satu produsen abon ikan di wilayah Kecamatan Puger.(26/11)
            Menurut bu Roha, istri pak Hasan, ikan yang digunakan haruslah ikan segar dan berkualitas bagus. “Ikan harus segar, harus kualitas yang bagus, ikan harus yang kualitas bagus, kalau tidak bagus tidak bisa, (semisal) ikan tongkol atau ikan tuna (atau) piling katanya orang sini (puger)” ujar ia.
Ia juga menjelaskan panjang lebar terkait cara produksinya mulai dari proses pemindangan hingga proses pembungkusan. Prosesnya masih menggunakan cara-cara manual, artinya masih dikerjakan dengan tangan, kecuali untuk pengemasan. Proses produksinya juga masih tanpa karyawan meskipun sesekali juga dibantu oleh kerabat dekatnya.
            Produksi abon ikan ini bukan tanpa kendala, kendala yang umum dijumpai ialah kelangkaan ikan akibat cuaca buruk, dimana nelayan tidak bisa melaut akibat dari cuaca buruk tersebut. “Iya (stok) ikannya ndak ada, ini sudah habis stoknya, yang mau buat ndak ada ikannya. ” katanya.
            Pemasaran abon ikan tidak hanya di wilayah Jember saja, tetapi sudah menjangkau luar kota Jember, seperti Malang dan Gresik. Pemasaran ikan abon ini juga dilakukan secara online. Ketika ditanya bagaimana harapannya kedepan apakah punya rencana untuk diekspor ke luar negeri, bu Roha dengan tegas mengiyakan “Iya, jelas ada (rencana untuk ekspor ke luar negeri)” jawabnya, sambil tersenyum.
            Saat ini Pak Hasan dan Bu Roha sedang menunggu surat izin dari Kementerian Kesehatan yang menurutnya dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen bahwa produknya layak konsumsi dan memenuhi standar kesehatan. “Ya (izin dibutuhkan) untuk buat percaya orang yang beli” Tegasnya. Tetapi, menurutnya surat izinnya terlalu lama terbit.(BS).[]




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.