Ads

Perekonomian Para Pekerja Pesisir Pantai Puger


Oleh: Iftitah Dian Humayro
*penulis saat ini masih duduk di semester III prodi PGMI dan merupakan anggota baru LPM MITRA

Masyarakat Puger mayoritas bekerja sebagai nelayan. Dalam hal ini dikarenakan puger terkenal akan kekayaan lautnya. Masyarakat Puger terkadang mengolah hasil tangkapan dari laut menjadi olahan siap saji. Kreatifitas tangan masyarakat puger inilah yang menjadikan kestabilan provit perekonoman mereka.
Prosentase perekonomian setempat pasti akan mengalami penurunan dan peningkatan. Seperti halnya tangkapan hasil nelayan tidak selalu banyak. Mereka terkadang mndapatkan sedikit ikan hingga ada yang pernah pulang dengan tangan kosong. Hal ini hanya terjadi pada bulan-bulan tertentu. Bulan April hingga Oktober ini merupakan masa peningkatan perekonomian mereka. Biasanya mereka menyebutnya musim timur. Sedangkan bulan November hingga Maret merupakan masa penurunan perekonomian. Biasanya mereka menyebutnya musim barat. Istilah itu telah dipakai para pekerja pesisir pantai Puger dalam membagi musim-musimnya.
Ketika musim paceklik datang, mereka sudah tidak lagi merisaukannya. Mereka memiliki berbagai pekerjaan sampingan, seperti memproduksi terasi, olahan makanan siap saji, kerupuk ikan, dll.
Penerapan hal itulah sangat cocok untuk menjaga perekonomian wilayah setempat. Provit perekonomian pasti akan mengalami penurunan dan peningkatan, tergantung dari masyarakatnya dengan cara apa mereka bisa menanggulanginya. Seperti yang terjadi di wilayah Puger ketika mereka menghadapi masa paceklik, mereka terus akan mengembangkan kreatifitas mereka guna menjaga kestabilan perekonomian mereka.
Menjaga kelestarian kekayaan laut juga penting, agar sumber daya alam di Puger tetap dirasakan oleh para cucu cicit mereka kelak. Mereka juga tetap menjaga agar tidak ada orang asing datang untuk mengambil tanpa izin kekayaan laut mereka. Juga kreatifitas masyarakat Puger tetap dijaga dan perlu dikembangkan, karena provit perekonomian akan sewaktu-waktu turun maupun naik. Hal itu semua demi menjaga kesejahteraan masayarakat khususnya yang berada di wilayah Puger.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.