Ads

MASA PACEKLIK BUKAN LAGI KERISAUAN NELAYAN PUGER


Mitra_ para pekerja pesisir pantai saat ini mengalami masa paceklik. Masa ini biasanya berkisar pada bulan November hingga bulan Maret. Sehingga perekonomian masyarakat Puger yang mayoritas nelayan mengalami penurunan untuk bulan ini. Berikut dilaporkan wartawan Mitra, kelompok 3 (26/11).
Rinaldi (50) salah satu pekerja kuli angkut ikan menyatakan bahwa perekonomian masyarakat Puger selalu berimbang. Masyarakat Puger juga mengembangkan kerja sampingan dari berbagai kreativitas tangan mereka. Jadi ketika masa paceklik yang terjadi pada saat ini sudah tidak menjadi beban fikiran mereka.
“saya berangkat dari rumah jam 8 pagi. Disini kami para kuli angkut ikan menunggu setoran ikan dari para nelayan. Kadang nelayan tidak membawa ikan sama sekali kalau masa paceklik seperti ini. Sore sekitar jam 5 kami pulang.” Ujarnya.
Zainul Arifin (44 seorang kuli angkut ikan lainnya menambahkan bahwa musim timur baru saja berlalu dan saat ini sudah mulai memasuki musim barat. Istilah musim timur ini adalah masa peningkatan perekonomian yang biasanya berlangsung pada bulan April hingga Oktober. Sedangkan musim barat adalah masa penurunan perekonomian yang biasanya berlangsung pada bulan November hingga Maret.

            Menanggapi hal tersebut, Dayat pengepul ikan di wilayah Puger menyatakan mereka hanya menunggu ikan datang dari para nelayan. Dirinya juga menambahkan kalau masa paceklik seperti ini hanya sedikit yang dibawa nelayan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.