Ads

Tak Diperhatikan, Pedagang Ikan Dianak Tirikan

*penulis saat ini masih duduk di semester I prodi Bahasa Inggris dan merupakan anggota baru LPM MITRA
Oleh:
 vidia dewi rsimadayanti
*penulis saat ini masih duduk di semester I
prodi Bahasa Inggris dan
 merupakan anggota baru LPM MITRA

Seperti yang dikutip dari Kementrian Perekonomian bahwa Indonesia merupakan pemasok ikan yang diperhitungkan di dunia. Dan potensi lestari sumber daya ikan laut Indonesia sebesar 6,5 juta ton per tahunnya. Salah satu hal yang konkret dapat kita jumpai di daerah pesisir pantai selatan kota jember, yakni di pesisir  kecamatan Puger.
Telah kita ketahui bersama bahwa Jawa Timur memiliki  perairan yang begitu luas. Luas perairan Jawa Timur seperti yang di kutip dari Puslitbang Geologi Kelautan, jawa timur memiliki panjang pantai sekitar ±2.128 km, maka secara otomatis kekayaan bahari jawa timur juga sangatlah beragam. Tidak terkecuali dengan potensi yang ada di Kecamatan Puger.
Kecamatan Puger yang terletak diujung selatan kabupaten Jember ini juga memiliki potensi laut yang sangat potensial untuk mendukung pengembangan perekonomian didaerah pesisir. Banyaknya potensi ikan yang berada dilaut sekitar puger menjadi berkah tersendiri bagi masyarakatnya.
Sudah selayaknya pemerintah untuk peduli dengan potensi yang ada, dengan adanya mitra kerja anatara pedangan dan nelayan serta pemerintah akan membuka peluang besar bagi perekonomian pasar di puger terutama hasil laut yang didapatkan. Karena memang pesisir puger sudah tidak lagi depertanyakan kekayaan baharinya.
Beragam ikan yang dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) adalah hasil tangkap para nelayan daerah setempat. Beragam ikan serta olahan ikan yang ada dan di jual sangatlah menarik perhatian pembeli. Olahan yang dilakukan, selain untuk menambah nilai ekonomis, juga sebagai salah satu cara para penjual untuk mengurangi dampak banyaknya ikan yang tidak dikonsumsi.[]


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.