Ads

“Skripsi” Bukan Lagi Belenggu Kelulusan Mahasiswa


Oleh: Khoirotun Nisa’
*penulis saat ini masih duduk di semester III prodi Agribisnis dan merupakan penulis Aktif di LPM MITRA
Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat  penting bagi kehidupan di dunia. Pendidikan tidak harus ditempuh dalam dunia formal, pendidikan bisa saja ditempuh apabila kita memiliki keinginan keras untuk mempelajari sesuatu. Namun dunia formal juga menjadi ikon penting dalam ranah pendidikan. Dengan pendidikan formal maka kinerja kita akan lebih diakui karena dirasa lebih meyakinkan dan lebih memungkinkan.
Pendidikan tinggi adalah puncak dari segala pendidikan formal yang ada, sudah tidak diragukan lagi bahwa mahasiswa adalah maha dari segala siswa. Artinya mahasiswa adalah siswa tingkat tertinggi dalam dunia pendidikan formal. Mahasiswa harus bisa mengimplementasikan dalam berbangsa dan bermasyarakat  mengenai pendidikan yang telah di tempuhnya.
Tidak banyak mahasiswa yang bermalas-malasan dalam dunia perkuliahannya. Banyak mahasiswa S1 yang kuliah lebih dari target waktu perkuliahan. Kebanyakan mahasiswa mengolor jangka pendidikannya lantaran terbelenggu dengan penelitian tugas akhirnya atau yang kerap kita kenal dengan kata “skripsi”.
Skripsi yang molor mungkin saja dikarenkan mahasiswa yang bermalas-malasan dalam melakukan penelitian, atau mungkin bisa saja penelitian yang sangat sulit sehingga menjadi penghambat dalam kelulusan. Seharusnya mahasiswa dalam melakukan sebuah penelitian juga harus diseimbangkan dengan kemampuan dirinya. Atau jika tidak, mahasiswa seharusnya memikirkan penelitian mulai dari awal sebelum mereka mendekati semester akhir.
Apabila kita memikirkannya mulai dari awal, dengan diimbangi konsultasi dengan pendekatan dosen atau juga senior yang lebih tahu tentang dunia skripsi maka akan mudah kita dalam menjalankan penelitian. Tidak hanya sebatas itu, kita juga bisa saja lulus dengan jangka waktu yang telah ditetapkan. Selanjuntnya Pengertian kita tentang penelitian yang kita lakukan tersebut bisa lebih matang dan juga dapat kita pahami dengan lebih, serta bisa diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan ini skripsi tidak akan menjadi sebuah belenggu bagi kelulusan mahasiswa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.