Ads

Pelatihan Aswaja UIJ : Dakwah Melalui Praktik Pendidikan

POTRET: Suasana saat Pelatihan Aswaja Aplikatif di Aula Ulum AA, Kampus I UIJ, Kamis (16/5). Fotografer: Febri Irawan


UIJ, lpmmitra.id- Universitas Islam Jember (UIJ), gelar Pelatihan Aswaja Aplikatif yang bertempat di Aula AA Kampus I. Pelatihan tersebut mengusung tema Moderasi Beragama Menguatkan Islam Aswaja An- Nahdiyah kepada mahasiswa UIJ. Acara yang berlangsung pada Kamis, 16 Mei itu dihadiri oleh rektor UIJ, Ahmad Halid.

Dalam sambutannya, pelatihan tersebut termasuk dalam pengembangan Catur Darma Perguruan Tinggi yang ke-4. Dia juga mengatakan bahwa dakwah bisa dilakukan dalam pendidikan. “Dakwah Islamiya Nahdiyin ini bisa dicapai melalui praktik pendidikan Aswaja,” ucapnya dalam sambutan, Kamis (16/5).

Dia menjelaskan, adanya pelatihan tersebut supaya mahasiswa UIJ menyebar luaskan ajaran islam Aswaja kepada masyarakat yang ada di daerah masing-masing. “Seperti budaya tawassuth, itidal termasuk budaya yang lain kaya tahlilan,” ujarnya.

Disamping itu, Kepala Pengkajian dan Pengembangan Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah (LP2AN) UIJ, Agus Zainuddin mengatakan, adanya Aswaja Aplikatif adalah sebagai praktik. Selain itu, Aswaja Aplikatif sebagai lanjutan pengantar Aswaja yang sudah dipelajari. “Aswaja Aplikatif adalah program berupa pendalaman teori sekaligus praktik,” katanya.

Pia yang kerap kali disapa Agus itu, menyatakan jika pendaftaran praktik Aswaja ini wajib bagi mahasiswa aktif UIJ. “Dengan syarat minimal harus lulus pengantar Aswaja,” tuturnya.

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa untuk saat ini yang mendaftar kisaran 208 mahasiswa pada gelombang 15. “Tapi yang terlaksanakan masih gelombang 14, kisaran 75 sampai 100,” pungkasnya.


Pewarta: Zulkifli

Editor: Linda Nurul Hidayah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.