Ads

BEM UIJ Wajibkan Mahasiswa Baru Membeli Buku Berjudul Islam Nusantara

 

 

 Fokus: Mahasiswa baru saat membaca buku Islam Nusantara.
Sumber foto: Istimewa

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Jember (UIJ) mewajibkan semua mahasiswa baru (maba) untuk membeli buku berjudul Islam Nusantara saat Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan di Aula Gedung Serba Guna Jember. BEM UIJ M.Wahid Hasyim mengatakan, hal itu dilakukan agar dapat menambah pengetahuan terkait ilmu Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja) terhadap maba. "Pertimbangan temen-temen BEM adalah untuk meningkatkan literasi kepada mahasiswa baru tentang ilmu keaswajaan " jelasnya saat diwawancarai di halaman Gedung Serba Guna Jember, Jum'at (2/9).

 Hasyim membeberkan, pada saat PKKMB, pihaknya berencana mendirikan stand untuk memperjual belikan buku tersebut. Namun, ternyata maba banyak yang minat dan memesan. Sehingga, BEM berinisiatif untuk mewajibkan kepada seluruh maba untuk membelinya. "Supaya merata," tegasnya. Harga buku tersebut, lanjut Hasyim, sangat terjangkau. Sehingga, dirasa tidak memberatkan maba. "25 ribu tidaklah berat, dibanding biaya hidup mereka untuk membeli rokok dan make up," katanya.

Oleh karena itu, pihak BEM telah berkoordinasi dengan Kampus untuk tidak mencakupkan buku itu dengan biaya pendidikan seperti daftar ulang. Senada, Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan Achmad Ilyasi menjlentrehkan, buku itu diadakan untuk menambah bekal bagi mahasiswa baru tentang Nahdlatul Ulama (NU). Buku itu, menurut Ilyasi, sangat penting dan bermanfaat bagi mahasiswa baru. Sebab, didalamnya membahas NU. Sehingga, dapat dibaca untuk mengenal dan memahami lebih dalam apa itu Aswaja . Selain itu, juga sebagai bahan referensi bagi maba. "Saya rasa buku tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru, karena saya sudah melihat karangannya juga bagus mungkin untuk tambahan referensi bagi mereka," pungkasnya.

 

Reporter: Tria Febriani

Editor: St. Sholeha





Dipublikasikan pada : 05 September 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.