Ads

Prodi Agribisnis UIJ Jadi Tuan Rumah Mukerwil

Potret: Ketua Popmasepi (Ainun Zul Kirom) saat di wawancarai di ruang istirahat Muskerwil, Jumat (25/11) Fotografer: Ahmad Ali Bahtiar


UIJ, www.lpmmitra.id- Program studi (prodi) Agribisnis Universitas Islam Jember (UIJ) menjadi tuan rumah pada acara Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) IV, Perhimpunan Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (Popmasepi). Terlihat, kegiatan itu dihadiri oleh empat provinsi, yakni Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Bali yang diantaranya merupakan mahasiswa agribisnis atau prodi sosial ekonomi pertanian. Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Keluarga Agribisnis (Kubis) UIJ, Klarisa Qutrun Nada mengatakan, acara ini merupakan kegiatan Mukerwil Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) IV Popmasepi. "Dalam musyawarah itu meliputi kegiatan pelantikan, sidang untuk program kerja selama tiga hari. Pada hari terakhir ada kegiatan filtrip dengan membawa peserta ke tempat Study Tour " ujarnya. saat diwawancarai di Aula Miftahul Ulum UIJ, Jumat (25/11).

Ia juga membeberkan, HMP Universitas Islam Jember (UIJ) juga tergolong salah satu anggota sementara Popmasepi pada tahun 2017. Selama ti g tahun berjalan. Kemudian di tahun 2022 ini baru menjadi anggota tetap. Sementara itu, Ketua DPW, Ainul mengatakan, Popmasepi menjadi wadah dengan melihat potensi anggota melalui bidang yang ada di dalamnya. “Ada lima bidang disiapkan untuk mewadahi potensi anggota. Diantaranya, pengabdian masyarakat, juga kewirausahaan, melalui pengkaderan,” jelasnya. Ainul menambahkan, melalui Desa Mitra dengan Desa Binaan, Popmasepi dapat membantu menganalisis masalah yang ada di lingkungan masyarakat, terutama pada pertanian. "Pengkajian akan dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang dapat diterapkan di pertanian Indonesia ini." imbuhnya.

Oleh sebab itu, ia berharap, UIJ lebih aktif dan terkenal dalam kegiatan di Popmasepi. “Ga melulu kampus besar yang bisa mengadakan kegiatan ini. Tetapi UIJ juga bisa mengikuti kegiatan ini setingkat wilayah " pungkasnya.


Pewarta: Indra Yufi Saputra

Editor: Tria Febriani 





Dipublikasikan pada : 27 November 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.