Ads

BPBD Himbau Warga Jember Waspada Terhadap Curah Hujan Tinggi

 

Potret: Tampak, Dua Mahasiswa UIJ kunjungi kantor BPBD Jember, Rabu (19/10). Sumber Foto: Istimewa

Jember, www.lpmmitra.id- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember menghimbau warga Kabupaten Jember untuk waspada tehadap peningkatan curah hujan yang tinggi. Hal itu disampaikan oleh Ketua BPBD, Sigit Akbari.

Kata dia, BPBD selalu memberi sebuah peringatan kepada warga yang berada di lereng gunung. Melalui radionya, ia berpesan agar lebih berhati-hati jika hujan di malam hari, dan mengingatkan agar tidak terburu-buru untuk istirahat. "Kalau perlu belum apa-apa itu sudah evakuasi diri, " jelasnya.

Sigit mengatakan, rumah warga yang berada tepat pada tebing pegunungan, menjadi perhatian utama bagi dirinya bersama para petugas BPBD. "Itu di tebing ada rumahnya, sehingga ada potensi kerusakan rumah dan juga bisa membahayakan dan menimbulkan korban,” katanya.

Ia juga membeberkan, bahwa longsor sudah terjadi beberapa kali. Diantaranya, terjadi di daerah sumber baru dan gumitir. Dalam tragedi itu, pihaknya langsung bergerak cepat ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). "Pasti ada penanganan segera, awal kita datang untuk memberikan evakuasi bantuan sembako,” jelasnya, saat diwawancarai di Kantor BPBD Kemarin (19/10).

Dalam kegiatannya itu, ia merasa sangat bangga. Karena dalam kegiatannya melakukan penolongan terhadap korban bencana, ia selalu dibantu oleh para relawan yang dianggap sangat membantu dalam pekerjaannya. "Mereka itu ada 54 relawan, relawan lebih mumpuni dari pada petugas kami, " pungkasnya.


Repoter: Kholid Suyanto

Editor: Tria Febriani





Dipublikasikan pada : 20 Oktober 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.