Ads

FIKES UIJ Gelar Capping Day dan Ucap Janji

 

Potret: Florence setelah selesai membawakan bendera di Aula Kampus II Universitas Islam Jember, Kamis (8/12) Fotografer: M Taufik Nurul H

FIKES, www.lpmmitra.id Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Islam Jember (UIJ) menggelar Capping Day dan Ucap Janji. Kegiatan itu berlangsung di Aula Kampus II UIJ, Kamis (8/12).

Acara itu digelar untuk mahasiswa yang akan melaksanakan praktik agar ketika mereka terjun ke lapangan benar-benar bisa memenuhi janji yang sudah diucapkan. Selain itu, supaya nanti mereka tidak membeda-bedakan pasien dan lebih mendahulukan kepentingan pasien, serta memberikan pelayanan dengan sepenuh hati. Hal itu disampaikan oleh Dekan Fikes, Dewi Rakhmawati seusai kegiatan.

Ia menjelaskan, mahasiswa yang melakukan praktik ini, akan ditempatkan di dua tempat, yaitu Rumah Sakit (RS) DKT dan Rumah Sakit Umum (RSU) Kalisat. Sebab, pihaknya menyesuaikan dengan jumlah mahasiswa. “Mahasiswa semester tiga yang ikut berjumlah 31 orang,” Lugasnya.

Tidak hanya itu, nantinya mahasiswa Fikes di satu RS itu, dibagi empat sampai lima ruangan dan masuk bergantian sesuai dengan ketentuan dari RS tersebut. “Jadi shift-shift- an. Bisa pagi, siang, dan malam,” Tegasnya.

Dewi menambahkan, mahasiswa melakukan praktik sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, dan sesuai dengan kebutuhan dasar manusia. “Hal itu sudah tertuang di dalam Memorandum of Understanding (MoU),” Katanya.

Oleh karena itu, ia berharap, nantinya mahasiswa bisa menggali pengalaman di lahan praktik sebanyak-banyaknya. Selain itu, mahasiswa juga tidak boleh takut untuk merawat pasien, dan bisa menjaga etika. “Menjaga nama baik diri, menjaga nama baik Institusi, serta nama baik Rumah Sakit,” Pungkasnya.


Pewarta: Muhammad Taufik N H

Editor: Tria Febriani





Dipublikasikan pada : 08 Desember 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.