Ads

Batik Jadi Icon Kota Jember Ikuti EXCELLENT EXPO UMKM

Ramai: Stand UMKM batik diserbu pengunjung untuk membeli produk di Gedung Serba Guna Kaliwates, Kemarin (4/12). Fotografer: Siti Eva Nur Mufida 


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (Diskopum) menggelar Excellent Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gedung Serba Guna Kaliwates, Kemarin (4/12). Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan,  acara tersebut merupakan kegiatan dalam rangka menyambut  hari jadi Kabupaten Jember yang ke-92 serta rangkaian program Wayae Festival. Kepala Diskopum ( Koperasi dan Usaha Mikro ) Aris Maya menjelaskan, tujuan adanya kegiatan ini ialah untuk menggali potensi UMKM Jember agar berkualitas dan bermutu serta untuk memperluas pasar ekspor yang nantinya akan dijadikan agenda tahunan. "Mempromosikan produk UMKM Jember agar dikenal masyarakat secara luas," tegasnya.

Kegiatan ini,  akan dilakukan selama dua hari yang diikuti oleh 187 UMKM. Terdiri dari 9 klaster, salah satunya ialah pengrajin batik yang menampilkan produknya pada fashion show, lanjutnya. Menurutnya, setiap batik yang ada di Jember memiliki ciri khas dan keunggulan berasal dari seniman yang dapat mengungkap dan mengeksplor kebudayaan Kota Jember. "Semua memiliki akar budaya masing-masing," kata Aris.

Kendati demikian, Divisi Bidang Pemasaran Dinas Koperasi UMKM, Nita menambahkan bahwasanya Batik Jember memiliki ciri khas tersendiri, sehingga menjadi icon kota Jember. Oleh karenanya, agar kualitas batik meningkat, pihaknya akan mengadakan pelatihan, pembinaan serta pendampingan dari komunitas pembatik. "Supaya kualitasnya tambah bagus," pungkasnya.

 

Reporter: Siti Evi Nur Mufida

Editor: Dwi Devi Khoirotun Nisa



Dipublikasikan pada : 06 Desember 2021

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.