Ads

Peringatan Hari Santri Bupati Jember Kewajiban Warga Negara Indonesia

 

Potret: Bupati Jember saat di wawancarai oleh beberapa wartawan di depan Gedung Pemkab Jember, (22/10). Fotografer: M Taufik N H.

Peringatan Hari Santri yang setiap tahunnya dilakukan pada tanggal 22 Oktober, merupakan salah satu kewajiban bagi masyarakat sebagai warga Negara Indonesia. Pernyataan itu diucapkan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto.

Menurut dia, peringatan hari santri setiap tahun di bulan Oktober ini menjadi suatu hal yang wajib dilakukan. "Hari ini, setiap tahun di bulan Oktober, sudah menjadi kewajiban kita seluruh anak bangsa untuk memperingati hari santri," ujarnya saat diwawancarai usai upacara peringatan hari santri di Alun-Alun Jember, Sabtu (22/10).

Ia mengatakan peringatan hari santri ini menjadi momentum bagi para santri untuk mengaplikasikan semangat kepahlawanan. "Karena memang untuk mengawalu Indonesia, dimulai pada saat itu dengan hari santri, yang diinisiasu oleh para kiai pada saat itu," jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, dengan diperingatinya hari santri, akan menjadi sebuah kekuatan untuk mempertahankan Indonesia. "Tadi disampaikan dari Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), hari santri ini bukan hari santri saja, tapi ini milik masyarakat Indonesia, siapapun ras, agamanya, sama. Menjadi satu kekuatan," paparnya.

Oleh sebab itu, ia menegaskan, pesantren merupakan salah satu kekuatan yang tidak dapat dipisahkan dengan Negara Indonesia. "Kekuatan pesantren tidak bisa dipungkiri lagi, banyaknya pesantren ini bagian yang sudah tidak terpisahkan dari negeri yang kita cintai ini," tandasnya.


Pewarta: Fina Barokatu Thoyibah

Editor: Tria Febriani





Dipublikasikan pada : 22 Oktober 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.