Ads

Pengajuan Beasiswa PEMKAB Jember di UIJ Memberatkan Mahasiswa

 

Staff Kemahasiswaan saat garap laporan beasiswa di Ruang Kerjanya. Fotografer: Kholifatus Sakdiyah.

UIJ_Mitra-Persyaratan pengajuan beasiswa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember  kategori fakir miskin dan orang tidak mampu di Universitas Islam Jember (UIJ) terkesan memberatkan mahasiswa. Hal itu dikatakan langsung Presiden Mahasiswa UIJ, M. Wahid Hasyim. Menurutnya, bagi mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa ini, diharuskan menyetorkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Program Keluarga Harapan. Sebab tidak semua pelajar miskin memiliki dokumen tersebut. “Saya rasa susah nanti buat adek-adek buat ngurus KKS atau PKH,” kata Hasyim saat diwawancarai via Whatsapp, Kamis (17/2).

Tentunya perlu dikaji dan diperdalam lagi prosedur tersebut. Mengingat kata Hasyim, persyaratan serupa juga dilakukan oleh kampus lain. Khawatirnya, seluruh mahasiswa Jember akan kesulitan untuk memperoleh bantuan biaya pendidikan dari Pemkab. “Sambil lalu, saya akan kaji bareng BEM se-Jember, apakah di kampus lain juga demikian atau tidak,” tuturnya. Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Kemahasiswaan UIJ Ahmad Ilyasi mengatakan, bahwa persyaratan itu, sesuai kebijakan  pemerintah. Karena, data fakir miskin itu memang sinkronisasinya langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk). “Akan terdata, nanti ketemu disana mana yang tidak mampu,” tegasnya.

Namun jika ada Mahasiswa tidak punya KKS ataupun PKH, tetapi mereka sudah pernah mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos). Maka kata Ilyas, pelajar ini termasuk kategori orang tidak mampu. “Kami hanya memverifikasi serta menyesuaikan data berkas yang sudah diajukan oleh mahasiswa. Misalkan si A punya PKH, lalu si B tidak punya. Maka si A kita naikkan di lampiran pertama, sudah ada rankingnya,” jelasnya. Sementara itu, saat dikonfirmasi Wakil Rektor I Moh Qurtubi tidak ada di ruang kerjanya. Sebab, sudah beberapa hari tidak ke kantor, dikabarkan sedang sakit.

Reporter: ST Sholeha

Editor: Dwi Devi Khoirotun Nisa




Dipublikasikan pada : 23 Februari 2022

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.