Ads

Rektor UIJ Mahasiswa Harus Kedepankan Akhlak Selama Kuliah

 

Rektor UIJ saat memberi sambutan pada malam Inagurasi PKKMB di Halaman Gedung Serba Guna, Sabtu (3/9). Fotografer: M. Taufik NH

Mahasiswa Universitas Islam Jember (UIJ) diharuskan mengedepankan akhlak selama kuliah. Pernyataan tersebut diucapkan langsung oleh Rektor UIJ, Abdul Hadi saat malam inagurasi, penutupan acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiwa Baru (PKKMB) di Halaman Gedung Serba Guna, Sabtu (3/9).

Menurutnya, mahasiswa baru yang akan di gembleng di UIJ harus memprioritaskan akhlakul karimah di era transformasi digital ini. "Saya 'Akhlakul Karimah'," tegasnya. Hadi mengatakan, tingkah laku yang baik merupakan modal utama bagi setiap pelajar. Sebab, menurut dia, hal itu akan menciptakan kepribadian manusia yang unggul. "Dengan akhlak kepribadian akan dibangun, pentingnya akhlak akan membangun ketaatan bagi mahasiswa, baik taat pada orang tua, guru, maupun pada Allah," jelasnya. Hadi juga menjelaskan, setinggi apapun ilmu seseorang, tanpa tingkah laku yang baik, pasti akan kesulitan bermasyarakat. "Kalau akhlak kita sudah bagus, kita tidak akan sulit mencari sesuap nasi," katanya.

Menanggapi hal tersebut, peserta PKKMB UIJ, Atok mengaku bangga bisa bergabung di kampus yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) ini. Sebab, kata dia, dalam pembelajarannya selalu agama. "Apalagi saat materi PKKMB, kita dikenal dengan pelajaran Ke-NU an," pungkasnya.

 

Wartawan: Kholid Suyanto

Editor: St Sholeha





Dipublikasikan pada : 04 September 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.