Ads

Maulid Nabi Peziarah Makam Sunan Ampel Mencapai 5000 Orang

 

Potret: Ratusan Peziarah sedang berdoa bersama di depan makam Sunan Ampel surabaya, Kamis (20/10).
Fotografer: Kholid Suyanto

Surabaya, www.lpmmitra.id- Selama Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW, makam Raden Ahmad Rahmatullan (Sunan Ampel) ramai didatangi peziarah. Para peziarah yang mendatangi makam sunan ampel ini bisa mencapai lima ribu setiap harinya. Hal itu di katakan oleh salah satu penjaga makam sunan ampel, Thoyyib.

Menurut dia, jumlah peziarah yang berkunjung ke makam Sunan Ampel kisaran empat sampai lima ribu orang perharinya. Biasanya para peziarah memang paling ramai terjadi dari awal bulan maulid. Bahkan,  hal itu bisa berlangsung sampai akhir maulid. "Memang paling rame bulan maulid, dari awal bulan maulid sampai akhir nanti, bisa-bisa sampai bulan puasa nanti ini,” jelasnya diwawancarai di depan gerbang makam Sunan Ampel, Kamis (20/10).

Para peziarah, lanjut Thoyyib, bisa mencapai angka sepuluh ribu, pada hari minggu. "Ya kalo rame, seperti minggu legi ya, sampek mencapai sepuluh ribu lebih,” imbuhnya.

Thoyyib juga menjelaskan, peziarah yang datang bukan hanya dari Indonesia saja. Namun, juga ada yang berasal dari luar negeri. "Yang luar negeri juga ada, yang luar negeri seperti Malaysia, Singapur sudah mulai masuk,’ jelasnya.

Oleh karena itu, penjaga makam ini berharap, agar peziarah bisa selamat, tidak terjadi apa-apa, ataupun kehilangan barang-barang bawaanya. "Kami selalu menghimbau lewat pengeras suara itu, jangan sampek ada yang terjatuh ataupun tertinggal,” pungkasnya.


Reporter: Kholid Suyanto

Editor: Tria Febriani





Dipublikasikan pada : 20 Oktober 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.