Ads

Seminar BEM FAPERTA Refleksi Mahasiswa Dalam Spirit Perjuangan Kedaulatan Agraria

 

 Pemateri I, Fathur Rohman menyampaikan materi seminar di Aula Miftahul Ulum, Kamis (23/6). Fotografer : Mohammad Zaeni

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Jember (UIJ) menggelar Seminar "Refleksi Mahasiswa dalam Spirit Perjuangan Kedaulatan Agraria" yang berlangsung di Aula Miftahul Ulum, Kamis (23/6).

Kegiatan tersebut digelar untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa faperta terkait kebijakan politik dan hukum agraria. Hal itu dikatakan oleh Ketua BEM faperta, Abdul Hadi Yusuf. Menurut dia, mahasiswa faperta tidak boleh buta akan kebijakan politik dan hukum. Sebab, nantinya, hal itu pasti akan ada sangkut pautnya dengan petani. Meskipun sebenarnya, mereka sudah menguasai beberapa hal yang sudah dipelajari pada saat perkuliahan. "Segi produksi, pembibitan saat produksi, ataupun pas panen," ujarnya saat diwawancarai usai kegiatan. Yusuf berharap, setelah adanya kegiatan ini mahasiswa memaksimalkan pengamalan ilmu yang didapat terhadap masyarakat. "Lebih optimalisasi dalam melakukan atau mengimplementasikan ilmu," jelasnya. Sementara itu, Pemateri Seminar, Fathur Rohman mengatakan, jika hanya fokus pada ilmu pertanian saja, tanpa melibatkan aspek politik, kebijakan, dan hukum kurang efektif. Sebab, hal tersebut menurutnya, saling berkaitan. "Agar tidak hanya tau pertanian yang ada di basis perkuliahan dan juga sektor yang lain," jelasnya.

Oleh karenanya, Pria yang juga alumni UIJ ini berharap agar kegiatan ini tidak selesai pada hari itu saja. Namun, setelah ini ditindaklanjuti dengan kajian-kajian di faperta. Sebab, sepertinya fakultas ini memiliki prospek. "Jadi, harus di garap dengan sungguh-sungguh," pungkasnya.

 

Reporter : Mohammad Zaeni

Editor : St Sholeha





Dipublikasikan pada : 23 Juni 2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.